Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Minggu, 17 Februari 2019 - 22:30 WIB

Kemenhub Gelar SIM A Umum Kolektif Untuk Sopir Angkutan Umum

Oleh : Epr | Sabtu, 03 Maret 2018 - 17:53 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi mencoba simulasi tes SIM A
Menhub Budi Karya Sumadi mencoba simulasi tes SIM A
BANDUNG - Kementerian Perhubungan bersama Polda Jawa Barat gelar pembuatan SIM A Umum secara kolektif untuk pengemudi Angkutan Sewa Khusus maupun pengemudi taksi reguler, hal ini dilakukan agar para pengemudi angkutan umum memenuhi peraturan yang termuat dalam Peraturan Menteri Nomor 108 Tahun 2017. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan pembuatan SIM A Umum kolektif di Polrestabes Bandung, Sabtu (3/3). 

"Bagi pengendara yang mobilnya digunakan untuk membawa penumpang dengan tujuan komersil maka harus memiliki SIM A Umum," jelas Menteri Budi.

Pembuatan SIM A Umum ini nantinya akan digelar di sepuluh kota. Kegiatan serupa sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya. Bandung merupakan kota ketiga dari kegiatan ini dan membuka kuota 200 pendaftar SIM A Umum.

"Setelah tiga kota itu, hari Rabu saya mau ke Jawa Timur. Saya mau lihat kotanya dulu. Pekanbaru dan Jogjakarta akan dilihat dalam dua hari ini," tutur Menhub Budi.

Program ini akan berlangsung selama 1 bulan. Program yang mendapat subsidi dan merupakan kegiatan CSR ini menggunakan dana sebanyak 10-15 milyar dari Kementerian Perhubungan. Menhub Budi berharap, program ini tidak hanya 1 kali diselenggarakan di setiap kota sehingga semua pengemudi memiliki kesempatan yang sama. Selain pembuatan SIM A Umum, Menhub Budi juga akan menggelar pelaksanaan KIR (uji berkala) gratis.

"Ada dua ketentuan untuk driver yaitu SIM A Umum dan KIR. Hari Selasa kita akan adakan KIR gratis di 10 kota dan targetnya 50.000-an kendaraan," jelas Menhub Budi.

Dalam kegiatan ini, Menhub Budi juga secara simbolis memberikan sertifikat kepada warga yang telah berhasil membuat SIM A Umum.

Kegiatan ini turut dihadiri Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Angkutan Multimoda Cucu Mulyana, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Supratman, dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. Hendro Pandowo.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Presiden Joko Widodo (kanan) menerima pendiri sekaligus CEO Bukalapak.com Achmad Zaky (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Nasional 16 Februari 2019 - 11:59 WIB

CEO Bukalapak sampaikan permintaan maaf ke Presiden Jokowi

Pendiri dan CEO Bukalapak Ahmad Zaky secara pribadi menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Joko Widodo soal cuitan di akun Twitternya beberapa waktu lalu.…

Antaranews.com

Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia Ismail Yusanto.

Hukum 15 Februari 2019 - 21:02 WIB

MA Sahkan Pembubaran HTI, Tolak Kasasi

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Putusan itu tertanggal Kamis 14 Februari 2019. Perkara nomor 27 K/TUN/2019 itu diadili oleh ketua…

Viva.co.id

Utang luar negeri naik menjadi Rp5.312 triliun

Ekbis 15 Februari 2019 - 20:09 WIB

Utang luar negeri naik menjadi Rp5.312 triliun

Utang luar negeri Indonesia naik 6,9 persen secara tahun ke tahun pada akhir triwulan IV 2018 menjadi 376,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.312 triliun (asumsi…

Antaranews.com

Ekonom senior Indef Faisal Basri. (ANTARA News/Ade Irma Junida)

Ekbis 14 Februari 2019 - 20:57 WIB

Indef: jalan tol bukan solusi turunkan biaya logistik

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri menyebut jalan tol bukanlah solusi efektif untuk menurunkan biaya logistik.…

Antaranews.com

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah

Politik 14 Februari 2019 - 15:20 WIB

Fahri Hamzah Minta Pemerintah Klarifikasi Kabar Prabowo Dilarang Salat

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, ikut menyoroti soal Capres RI nomor 02 Prabowo Subianto yang dilarang salat Jumat di salah satu masjid di kota Semarang. Fahri…

Viva.co.id

Foto: Jeremy Teti (Pinkan Anggraini/detikHOT)

Hiburan 13 Februari 2019 - 00:16 WIB

Jeremy Teti Suka Wanita Seperti Yeyen Lydia, Karena Seksi?

Jeremy Teti mengungkapkan sosok wanita idamannya. Eks pembawa berita itu menyebutkan satu nama artis Indonesia yang dinilai masuk kriterianya, yakni artis Yeyen…

detik.com

Department Head CSR BSD City – Idham Muchlis (keempat dari kiri) memberikan beasiswa coding kepada orang tua penerima beasiswa (keenam dari kanan).

Teknologi 10 Februari 2019 - 18:17 WIB

Sinar Mas Land Bersama Techpolitan Berikan Program Beasiswa Coding

Sinar Mas Land bersama Techpolitan memberikan program beasiswa Coding kepada warga sekitar BSD City untuk dilatih menjadi programmer handal.