Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Rabu, 17 Juli 2019 - 22:38 WIB

Ribuan Warga Tegal Tanam 10.000 Pohon Di Tol Brebes - Pemalang

Oleh : Edi B | Sabtu, 17 November 2018 - 18:10 WIB

Ribuan warga Tegal tanam pohon di jalan tol Brebes - Pemalang
Ribuan warga Tegal tanam pohon di jalan tol Brebes - Pemalang
Tegal - Antisipasi banjir, Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) Bahari Ayu, menginisiasi penanaman pohon di sepanjang jalan tol antara Brebes sampai Pemalang.

Ada 10 ribu lebih batang pohon ditanam Sabtu (17/11) di sekitar Pintu Tol Tegal di Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Antara lain pohon trembesi, tanjung, mahoni, dan berbagai pohon buah seperti durian, mangga, rambutan dan jambu.

Ketua panitia pelaksana gerakan penanam pohon yang mengambil moto "tukul wite, adem dalane" Dr Tafakur Rozak mengatakan, "Warga Tegal bersyukur kotanya di lewati jalan tol. Untuk menambah kesejukan, mengurangi polusi, kami warga Tegal di Jakarta merasa peduli untuk menghijaukan kawasan tol," dalam sambutannya.

Presiden Direktur Waskita Karya Ir. Herwidiyatmo menyambut hangat gerakan masyarakat ini. Apalagi gerakan ini juga melibatka generasi muda ada 3000 siswa-siswi SMA dan SMK di kota dan kabupaten Tegal ikut hadir dalam acara ini.

"Jalan tol kami ini memang baru seminggu lalu diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi masih terlihat gersang, namun dengan gerakan ini ke depa kita akan melihat hijau dan ademnya jalan tol di Tegal ini," katanya.

Pemerintah Kabupaten Tegal berjanji akan melanjutkan penanaman ini agar seluruh jalan dari perbatasan Brebes Exit sampai ke Pemalang akan dilanjutkan penanamannya. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Subayo disambut hangat ribuan warga yang hadir di penanaman simbolis ini.

Ketua Umum IKBT Bahari Ayu yang merupakan kumpulan paguyuban warga Tegal di Jabodetabek Dr Suswono, menyampaikan terima kasih atas peran serta warga Tegal di perantauan, serta pihak-pihak seperti Kementerian PUPR, Kementerian Kehutanan, Sekjen Wantanas, yang membantu menyumbangkan ribuan bibit tanaman. Mantan Menteri Pertanian ini menyampaikan bahwa ini murni gerakan masyarakat, kalau memilih bulan November karena bersamaan dengan musim hujan.

Acara penanaman pohon dilanjutkan dengan pelepasan balon, serta penanam ribuan pohon secara serempat. PT Pejagan Pemalang Tol Road yang merupakan anak perusahaan PT Waskita Karya akan memiliharan tanaman tersebut.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Pertemuan Jokowi-Prabowo di kereta MRT.

Nasional 13 Juli 2019 - 11:40 WIB

Jokowi Ungkap Alasan Bertemu Prabowo di Kereta MRT

Lokasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak disangka-sangka. Keduanya ternyata memilih bertemu di dalam…

Viva.co.id

Presiden Joko Widodo bertemu calon presiden, Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019).

Nasional 13 Juli 2019 - 11:21 WIB

Momen Jokowi-Prabowo Berpelukan, Akhiri Era "Cebong" dan "Kampret"

Presiden Joko Widodo akhirnya kembali bertemu dengan mantan rival dua kalinya dalam ajang pemilihan presiden, Prabowo Subianto di Stadion MRT Lebak Bulus, Sabtu…

Kompas.com

Jokowi bertemu dengan Prabowo. (Andhika/detikcom)

Nasional 13 Juli 2019 - 10:15 WIB

Akhirnya! Jokowi dan Prabowo Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya bertemu hari ini. Mereka bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Prabowo sebelumnya…

detik.com

Bendera Gerindra

Opini 04 Juli 2019 - 15:12 WIB

Gerindra Mau Jadi Oposisi atau “Oplosan”

Gerindra harus menjadi oposisi jika ingin suaranya tetap besar. Artinya , oposisi merupakan pilihan terbaik bagi Gerindra ketimbang menjadi “oplosan”

Salah satu sudut Pesantrean Zamzam Assyifa yang menempati bangunan apartemen, di Margonda Depok.

Religi 04 Juli 2019 - 05:26 WIB

Pesantren Di Apartemen

Sejauh yang saya tahu, ini pesantren pertama di Indonesia yang menempati kompleks apartemen. Menempati 15 lantai dari satu tower apartemen tersebut.

Fatma Bahalwan

Ekbis 25 Juni 2019 - 20:56 WIB

Natural Cooking Class ala Fatma Bahalwan

Dari kegiatan memasak itu, Fatma kini menulis banyak buku best seller di bidang kuliner

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Ekbis 25 Juni 2019 - 00:45 WIB

AirAsia Pindah ke Bandara Kertajati pada 30 Juni, Lion Mulai 1 Juli

Maskapai AirAsia dan Lion Air akan memindahkan penerbangan rute domestiknya dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)…

katadata.co.id