Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Minggu, 17 Februari 2019 - 23:42 WIB

Ribuan Warga Tegal Tanam 10.000 Pohon Di Tol Brebes - Pemalang

Oleh : Edi B | Sabtu, 17 November 2018 - 18:10 WIB

Ribuan warga Tegal tanam pohon di jalan tol Brebes - Pemalang
Ribuan warga Tegal tanam pohon di jalan tol Brebes - Pemalang
Tegal - Antisipasi banjir, Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) Bahari Ayu, menginisiasi penanaman pohon di sepanjang jalan tol antara Brebes sampai Pemalang.

Ada 10 ribu lebih batang pohon ditanam Sabtu (17/11) di sekitar Pintu Tol Tegal di Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Antara lain pohon trembesi, tanjung, mahoni, dan berbagai pohon buah seperti durian, mangga, rambutan dan jambu.

Ketua panitia pelaksana gerakan penanam pohon yang mengambil moto "tukul wite, adem dalane" Dr Tafakur Rozak mengatakan, "Warga Tegal bersyukur kotanya di lewati jalan tol. Untuk menambah kesejukan, mengurangi polusi, kami warga Tegal di Jakarta merasa peduli untuk menghijaukan kawasan tol," dalam sambutannya.

Presiden Direktur Waskita Karya Ir. Herwidiyatmo menyambut hangat gerakan masyarakat ini. Apalagi gerakan ini juga melibatka generasi muda ada 3000 siswa-siswi SMA dan SMK di kota dan kabupaten Tegal ikut hadir dalam acara ini.

"Jalan tol kami ini memang baru seminggu lalu diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi masih terlihat gersang, namun dengan gerakan ini ke depa kita akan melihat hijau dan ademnya jalan tol di Tegal ini," katanya.

Pemerintah Kabupaten Tegal berjanji akan melanjutkan penanaman ini agar seluruh jalan dari perbatasan Brebes Exit sampai ke Pemalang akan dilanjutkan penanamannya. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Subayo disambut hangat ribuan warga yang hadir di penanaman simbolis ini.

Ketua Umum IKBT Bahari Ayu yang merupakan kumpulan paguyuban warga Tegal di Jabodetabek Dr Suswono, menyampaikan terima kasih atas peran serta warga Tegal di perantauan, serta pihak-pihak seperti Kementerian PUPR, Kementerian Kehutanan, Sekjen Wantanas, yang membantu menyumbangkan ribuan bibit tanaman. Mantan Menteri Pertanian ini menyampaikan bahwa ini murni gerakan masyarakat, kalau memilih bulan November karena bersamaan dengan musim hujan.

Acara penanaman pohon dilanjutkan dengan pelepasan balon, serta penanam ribuan pohon secara serempat. PT Pejagan Pemalang Tol Road yang merupakan anak perusahaan PT Waskita Karya akan memiliharan tanaman tersebut.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Presiden Joko Widodo (kanan) menerima pendiri sekaligus CEO Bukalapak.com Achmad Zaky (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Nasional 16 Februari 2019 - 11:59 WIB

CEO Bukalapak sampaikan permintaan maaf ke Presiden Jokowi

Pendiri dan CEO Bukalapak Ahmad Zaky secara pribadi menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Joko Widodo soal cuitan di akun Twitternya beberapa waktu lalu.…

Antaranews.com

Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia Ismail Yusanto.

Hukum 15 Februari 2019 - 21:02 WIB

MA Sahkan Pembubaran HTI, Tolak Kasasi

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Putusan itu tertanggal Kamis 14 Februari 2019. Perkara nomor 27 K/TUN/2019 itu diadili oleh ketua…

Viva.co.id

Utang luar negeri naik menjadi Rp5.312 triliun

Ekbis 15 Februari 2019 - 20:09 WIB

Utang luar negeri naik menjadi Rp5.312 triliun

Utang luar negeri Indonesia naik 6,9 persen secara tahun ke tahun pada akhir triwulan IV 2018 menjadi 376,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.312 triliun (asumsi…

Antaranews.com

Ekonom senior Indef Faisal Basri. (ANTARA News/Ade Irma Junida)

Ekbis 14 Februari 2019 - 20:57 WIB

Indef: jalan tol bukan solusi turunkan biaya logistik

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri menyebut jalan tol bukanlah solusi efektif untuk menurunkan biaya logistik.…

Antaranews.com

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah

Politik 14 Februari 2019 - 15:20 WIB

Fahri Hamzah Minta Pemerintah Klarifikasi Kabar Prabowo Dilarang Salat

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, ikut menyoroti soal Capres RI nomor 02 Prabowo Subianto yang dilarang salat Jumat di salah satu masjid di kota Semarang. Fahri…

Viva.co.id

Foto: Jeremy Teti (Pinkan Anggraini/detikHOT)

Hiburan 13 Februari 2019 - 00:16 WIB

Jeremy Teti Suka Wanita Seperti Yeyen Lydia, Karena Seksi?

Jeremy Teti mengungkapkan sosok wanita idamannya. Eks pembawa berita itu menyebutkan satu nama artis Indonesia yang dinilai masuk kriterianya, yakni artis Yeyen…

detik.com

Department Head CSR BSD City – Idham Muchlis (keempat dari kiri) memberikan beasiswa coding kepada orang tua penerima beasiswa (keenam dari kanan).

Teknologi 10 Februari 2019 - 18:17 WIB

Sinar Mas Land Bersama Techpolitan Berikan Program Beasiswa Coding

Sinar Mas Land bersama Techpolitan memberikan program beasiswa Coding kepada warga sekitar BSD City untuk dilatih menjadi programmer handal.