Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Sabtu, 20 April 2019 - 21:13 WIB

Stasiun Cisauk Bersolek, Jumlah Pengguna Commuter Line Meningkat

Oleh : Epr | Senin, 08 April 2019 - 19:53 WIB

Desain yang futuristik membuat Stasiun Cisauk banyak disandingkan dengan stasiun di luar negeri.
Desain yang futuristik membuat Stasiun Cisauk banyak disandingkan dengan stasiun di luar negeri.
Tangerang, BSD City – Integrasi Stasiun Cisauk ke dalam Kawasan Intermoda BSD City merupakan bagian dari transformasi BSD City untuk menjadi the first integrated smart digital city. Diharapkan dengan terintegrasinya Stasiun Cisauk ke dalam Kawasan Intermoda, maka akan memudahkan mobilitas warga yang tinggal di kawasan BSD City dan sekitarnya menuju Jakarta atau sebaliknya. Sementara itu, salah satu elemen dalam smart city adalah cepatnya mobilitas atau perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk memudahkan mobilitas penduduk, terdapat tiga stasiun di BSD City yang dilintasi oleh Commuter Line, moda transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) yang beropeasi di wilayah Jabodetabek. Tingginya minat pengguna Commuter Line ini membuat sejumlah stasiun direnovasi dan fasilitas dibuat senyaman mungkin agar masyarakat dapat beralih menggunakan moda transportasi ini.

Pada Februari 2019 lalu, stasiun Cisauk tampil dengan wajah baru yaitu dengan sentuhan futuristik pada bangunannya. Berdiri di atas lahan seluas 11.440 m2, Stasiun Cisauk dilengkapi fasilitas-fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Wujudnya menjadi lebih modern, bahkan beberapa pengguna Commuter Line membandingkannya dengan stasiun-stasiun kereta di luar negeri. Selain penampilan yang menarik, Stasiun Cisauk juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

Gedung utama stasiun berada lantai dua sehingga berfungsi juga sebagai penghubung antar peron. Pengunjung dapat memasuki gedung stasiun melalui tangga dan escalator. Stasiun juga dilengkapi dengan ramp untuk memudahkan kaum disabilitas. Beberapa titik lift juga disediakan untuk penumpang prioritas (lansia, kaum disabilitas, ibu hamil dan ibu yang membawa anak kecil). Gedung baru Stasiun Cisauk memiliki mushola yang nyaman dan bersih. Fasilitas standar seperti toilet juga disediakan dengan kualitas yang sangat memadai. Infografis yang baik di area stasiun pun turut memberikan kemudahan untuk para penumpang. Kepala Stasiun Cisauk, Evan Dwi menyatakan, “Jumlah penumpang Stasiun Cisauk meningkat, dari kisaran 5,500 orang per hari hingga kini mencapai 14,000 orang per hari. Adanya akses baru dan integrasi dengan Pasar Modern Intermoda dan Terminal Intermoda memberikan peningkatan yang signifikan, khususnya saat akhir pekan.”

Stasiun Cisauk, Pasar Modern Intermoda dan Terminal BSD Link, ketiganya terhubung oleh Sky Bridge sepanjang kurang lebih 300 meter. Para pengguna KRL juga dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan BSD Link, shuttle bus gratis yang disediakan oleh Sinar Mas Land untuk menghubungkan berbagai fasilitas di dalam BSD City seperti AEON Mall, ICE, The Breeze dan sebagainya. Dengan adanya kemudahan ini, pengunjung juga akan lebih nyaman menggunakan kendaraan umum, dibandingkan dengan kendaraan pribadi dan dampaknya akan mengurangi kemacetan. Seorang pengguna Commuter Line di Stasiun Cisauk bernama Ahmad menyatakan kepuasannya bepergian melalui Stasiun Cisauk, “Stasiun ini bagus dan bersih. Fasilitasnya lengkap. Saya juga jadi lebih mudah untuk jalan-jalan ke AEON Mall BSD City karena bisa langsung naik bis gratis BSD Link.”

Dalam kawasan Intermoda BSD City akan dibangun beberapa hunian vertikal atau apartemen sehingga melengkapi sebuah kawasan yang mempunyai konsep Transit Oriented Development (TOD). Konsep ini sudah direncanakan di beberapa lokasi di Indonesia, namun baru terwujud di kawasan Intermoda BSD City ini.

Transportasi sebagai Bagian dari Transformasi BSD City menjadi The First Integrated Smart City

Dalam transformasinya sebagai the first integrated smart digital city, BSD City telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari rumah sakit berstandar internasional Eka Hospital, berbagai sekolah dan perguruan tinggi bergengsi, hingga kawasan bisnis dan perkantoran, AEON Mall BSD City dan Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Lalu lintas di BSD City diawasi dengan surveillance system yang dipantau dari Command Centre. Hal ini membantu meminimalisir kemacetan sehingga konduktifitas lalu lintas dapat selalu terjaga. Sinar Mas Land juga memiliki BSD Link, shuttle bus gratis yang menghubungkan berbagai landmarks dan fasilitas utama di BSD City. Bis-bis ini hadir dengan jadwal yang teratur dan dilengkapi dengan pemantau GPS, sehingga kedatangannya dapat kita pantau melalui everyday app BSD City, OneSmile. OneSmile 2.0 dengan improvement ini akan diluncurkan akhir tahun 2019. Saat ini jadwal bis BSD link dapat dilihat di aplikasi OneSmile 1.0 yg dapat diunduh dari App Store dan Google Store.

Sejak awal 2019, BSD City juga bekerjasama dengan Grab untuk memberikan mobilitas yang lebih nyaman bagi warganya. Grab Innovation and Engineering Lab yang berkantor di BSD city akan menjalankan metode pemetaan daerah, mengembangkan Personal Mobility Devices (PMD) dan berbagai aktifitas lainnya.

Kemudahan berkendara dari/ke BSD City dapat dinikmati dengan beragam akses seperti tol JORR dan tol Kebon Jeruk. Kedua akses tol ini terhubung dengan berbagai jalan tol di Pulau Jawa. Oleh sebab itu, warga dapat dengan mudah mengakses Bandara internasional Soekarno-Hatta, beraktifitas di Jakarta dan sekitarnya, juga bepergian ke luar kota.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Hasil Hitung Cepat Sesuai Ekspektasi, Arus Modal Asing Mengalir Deras

Ekbis 19 April 2019 - 06:50 WIB

Hasil Hitung Cepat Sesuai Ekspektasi, Arus Modal Asing Mengalir Deras

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 25 poin atau 0,4 persen ke 6.507 di akhir perdagangan Kamis (18/4/2019). Sebanyak 206 saham naik, 212…

Kompas.com

Ilustrasi.

Opini 19 April 2019 - 05:22 WIB

Jangan Baper

Publik tiba-tiba heboh. Gara-gara ada tayangan di sebuah stasiun televisi nasional yang memperlihatkan keanehan. Ada tayangan hasil quick count dari sejumlah lembaga…

Ilustrasi penghitungan suara (Ari Saputra/detikcom)

Politik 19 April 2019 - 01:39 WIB

LSI Denny JA Klarifikasi Hasil QC Pilpres Sementara di Indosiar yang Viral

Jakarta - Lembaga survei LSI Denny JA memberi klarifikasi terkait hasil quick count (QC) sementara Pilpres 2019 yang ditayangkan di stasiun televisi Indosiar yang…

detik.com

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) bersama Cawapres Sandiaga Uno dan petinggi partai pendukung mengangkat tangan saat mendeklarasikan kemenangannya pada Pilpres 2019 kepada awak media di kediaman Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Politik 19 April 2019 - 00:46 WIB

Ekspresi Sandi Ramai Dibahas Warganet, Ini Kata Pakar Gestur

JAKARTA -- Warganet menyoroti ekspresi calon wakil presiden (cawapres) nomor urut Sandiaga Salahuddin Uno selama mendampingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto…

republika.co.id

Time to Say GOOD BYE

Ekbis 19 April 2019 - 00:06 WIB

Induk SCTV Sudah Rugi Rp 1,9 T Karena BBM

Jakarta - Mulai tanggal 31 Mei 2019, aplikasi pesan instan BBM, yang dulunya bernama Blackberry Messenger, akan resmi setop beroperasi di Indonesia. BBM harus tutup…

detik.com

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Muhammad Taufik.

Politik 16 April 2019 - 23:32 WIB

Tangkap Timses M Taufik, Gerindra Sebut Polisi Langkahi Aturan

Partai Gerakan Indonesia Raya menilai, Kepolisian khususnya Kepolisian Resor Jakarta Utara telah melangkahi aturan dalam melakukan operasi tangkap tangan terhadap…

Viva.co.id

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (kiri), anggota Bawaslu M. Afifudin, Ketua Bawaslu Abhan, anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar ketika akan menggelar konferensi pers di Media Center Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (16-4-2019). (Foto: Asep Firmansyah)

Politik 16 April 2019 - 18:32 WIB

Bawaslu rekomendasikan PSU dan penggantian PPLN Kuala Lumpur

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) dan penggantian Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur