Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Rabu, 17 Juli 2019 - 21:52 WIB

Natural Cooking Class ala Fatma Bahalwan

Oleh : Joko Intarto | Selasa, 25 Juni 2019 - 20:56 WIB

Fatma Bahalwan
Fatma Bahalwan
Oleh: Joko Intarto

Saya tersesat. Hampir satu jam muter-muter. Tidak juga ketemu. Gara-gara alamat yang dikirimkan salah.

Harusnya Jl Matraman Dalam III. Yang terkirim Jl Menteng Dalam III. Padahal kedua alamat tersebut saling berjauhan.

Jalan Menteng Dalam lokasinya di seberang Tebet. Sedangkan Jalan Matraman Dalam berada di dekat Taman Amir Hamzah. Tak jauh dari rumah Barrack Obama saat masih duduk di sekolah dasar.

Begitulah kalau handphone mengaktifkan fitur prediksi kata. Kalau kurang cermat kita akan menulis sesuatu yang salah. Maksudnya A. Yang tertulis B.

Setelah keblasuk-blasuk, akhirnya alamat yang saya cari itu ketemu juga. "Rumahnya di kanan jalan yang pagarnya bercat hijau. Ada tulisannya Natural Cooking Class," kata seorang bapak di ujung gang.

Di rumah itulah Fatma Bahalwan tinggal. Di situ pula video-videonya tentang kuliner diproduksi.

Fatma Bahalwan adalah seorang ibu rumah tangga yang gemar mencoba resep. Hasil percobaannya dibagi-bagikan kepada kawan dan kolega. Rupanya banyak yang suka. Mulailah berdatangan satu-dua orang untuk belajar memasak. "Sudah 14 tahun berjalan," kata Fatma.

Jangan membayangkan Fatma tinggal di rumah besar. Rumahnya berukuran kecil. Ruang keluarga adalah satu-satunya yang paling besar. Ruang itulah yang digunakan sebagai studio sekaligus kelas kursus.

Studio memasak pada zaman now memang tidak butuh ruangan besar. Apalagi alat-alat produksi videonya semakin handy. Ruangan berukuran 4 meter x 4 meter pun sudah terkesan longgar.

Dari kegiatan memasak itu, Fatma kini menulis banyak buku best seller di bidang kuliner. Video kuliner adalah yang paling baru. "Belum genap setahun," jelasnya.

Walau masih berstatus youtuber baru, popularitas videonya cukup menggembirakan. Sekarang sudah mulai memperoleh iklan. Dan ada juga produk yang menjadi sponsor.

Bisnis bisa dimulai dari kondisi sederhana. Apa adanya. Tidak harus dimulai dari kondisi yang ideal. Berpikir besar. Memulai dari yang kecil. Sekarang.

Itulah prinsip bisnis Fatma Bahalwan: Woman of action. Kalau Fatma mengajar kuliner secara online melalui webinar, apa pendapat Anda?(jto)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Pertemuan Jokowi-Prabowo di kereta MRT.

Nasional 13 Juli 2019 - 11:40 WIB

Jokowi Ungkap Alasan Bertemu Prabowo di Kereta MRT

Lokasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak disangka-sangka. Keduanya ternyata memilih bertemu di dalam…

Viva.co.id

Presiden Joko Widodo bertemu calon presiden, Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019).

Nasional 13 Juli 2019 - 11:21 WIB

Momen Jokowi-Prabowo Berpelukan, Akhiri Era "Cebong" dan "Kampret"

Presiden Joko Widodo akhirnya kembali bertemu dengan mantan rival dua kalinya dalam ajang pemilihan presiden, Prabowo Subianto di Stadion MRT Lebak Bulus, Sabtu…

Kompas.com

Jokowi bertemu dengan Prabowo. (Andhika/detikcom)

Nasional 13 Juli 2019 - 10:15 WIB

Akhirnya! Jokowi dan Prabowo Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya bertemu hari ini. Mereka bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Prabowo sebelumnya…

detik.com

Bendera Gerindra

Opini 04 Juli 2019 - 15:12 WIB

Gerindra Mau Jadi Oposisi atau “Oplosan”

Gerindra harus menjadi oposisi jika ingin suaranya tetap besar. Artinya , oposisi merupakan pilihan terbaik bagi Gerindra ketimbang menjadi “oplosan”

Salah satu sudut Pesantrean Zamzam Assyifa yang menempati bangunan apartemen, di Margonda Depok.

Religi 04 Juli 2019 - 05:26 WIB

Pesantren Di Apartemen

Sejauh yang saya tahu, ini pesantren pertama di Indonesia yang menempati kompleks apartemen. Menempati 15 lantai dari satu tower apartemen tersebut.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Ekbis 25 Juni 2019 - 00:45 WIB

AirAsia Pindah ke Bandara Kertajati pada 30 Juni, Lion Mulai 1 Juli

Maskapai AirAsia dan Lion Air akan memindahkan penerbangan rute domestiknya dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)…

katadata.co.id

Deddy Corbuzier

Religi 24 Juni 2019 - 00:52 WIB

Usai Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier Diminta Doakan Banyak Orang

Deddy Corbuzier begitu terkejut atas dukungan orang-orang usai dirinya menjadi mualaf. Ia pun mengucapkan terima kasih banyak atas respons positif dari masyarakat.…

detik.com