Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Kamis, 20 Februari 2020 - 02:40 WIB

Natural Cooking Class ala Fatma Bahalwan

Oleh : Joko Intarto | Selasa, 25 Juni 2019 - 20:56 WIB

Fatma Bahalwan
Fatma Bahalwan
Oleh: Joko Intarto

Saya tersesat. Hampir satu jam muter-muter. Tidak juga ketemu. Gara-gara alamat yang dikirimkan salah.

Harusnya Jl Matraman Dalam III. Yang terkirim Jl Menteng Dalam III. Padahal kedua alamat tersebut saling berjauhan.

Jalan Menteng Dalam lokasinya di seberang Tebet. Sedangkan Jalan Matraman Dalam berada di dekat Taman Amir Hamzah. Tak jauh dari rumah Barrack Obama saat masih duduk di sekolah dasar.

Begitulah kalau handphone mengaktifkan fitur prediksi kata. Kalau kurang cermat kita akan menulis sesuatu yang salah. Maksudnya A. Yang tertulis B.

Setelah keblasuk-blasuk, akhirnya alamat yang saya cari itu ketemu juga. "Rumahnya di kanan jalan yang pagarnya bercat hijau. Ada tulisannya Natural Cooking Class," kata seorang bapak di ujung gang.

Di rumah itulah Fatma Bahalwan tinggal. Di situ pula video-videonya tentang kuliner diproduksi.

Fatma Bahalwan adalah seorang ibu rumah tangga yang gemar mencoba resep. Hasil percobaannya dibagi-bagikan kepada kawan dan kolega. Rupanya banyak yang suka. Mulailah berdatangan satu-dua orang untuk belajar memasak. "Sudah 14 tahun berjalan," kata Fatma.

Jangan membayangkan Fatma tinggal di rumah besar. Rumahnya berukuran kecil. Ruang keluarga adalah satu-satunya yang paling besar. Ruang itulah yang digunakan sebagai studio sekaligus kelas kursus.

Studio memasak pada zaman now memang tidak butuh ruangan besar. Apalagi alat-alat produksi videonya semakin handy. Ruangan berukuran 4 meter x 4 meter pun sudah terkesan longgar.

Dari kegiatan memasak itu, Fatma kini menulis banyak buku best seller di bidang kuliner. Video kuliner adalah yang paling baru. "Belum genap setahun," jelasnya.

Walau masih berstatus youtuber baru, popularitas videonya cukup menggembirakan. Sekarang sudah mulai memperoleh iklan. Dan ada juga produk yang menjadi sponsor.

Bisnis bisa dimulai dari kondisi sederhana. Apa adanya. Tidak harus dimulai dari kondisi yang ideal. Berpikir besar. Memulai dari yang kecil. Sekarang.

Itulah prinsip bisnis Fatma Bahalwan: Woman of action. Kalau Fatma mengajar kuliner secara online melalui webinar, apa pendapat Anda?(jto)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Lifter Timnas Indonesia Rahmat Erwin Abdullah berlatih di kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina, Rabu, 27 November 2019.

Olahraga 17 Februari 2020 - 11:58 WIB

Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia: Rizky Pecahkan Dua Rekor Dunia

Jakarta - Lifter putra Indonesia Rizky Juniansyah membuat kejutan dengan memecahkan dua rekor dunia remaja saat berlaga di Kejuaraan Angkat Besi Asia Remaja dan…

Tempo.co

Lifter Indonesia Muhammad Faathir saat merebut emas sekaligus memecahkan rekor dunia remaja dalam Kejuaraan Angkat Besi Remaja dan Junior Asia 2020 di Tashkent, Uzbekistan, Sabtu 15 Februasi. (dok. PABBSI)

Olahraga 17 Februari 2020 - 11:52 WIB

Indonesia Panen 16 Emas di Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia 2020

Jakarta - Lifter Indonesia panen medali dengan memborong 16 emas pada ajang Kejuaraan Angkat Besi Asia Remaja dan Junior 2020 di Tashkent, Uzbekistan, 13-19 Februari.…

Tempo.co

Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/11/2019)

Ekbis 17 Februari 2020 - 11:46 WIB

Neraca Perdagangan Indonesia Defisit USD 860 Juta di Januari 2020

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan selama Januari 2020 defisit senilai USD 860 juta. Angka tersebut mengecil dibandingkan Januari 2019 yang…

kumparan.com

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono (kiri) mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020)

Nasional 16 Februari 2020 - 18:40 WIB

Jadi Menteri Terpopuler dan Kinerja Terbaik, Prabowo Diingatkan Belum Aman dari Reshuffle

JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai, masuknya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin adalah…

Kompas.com

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)

Nasional 12 Februari 2020 - 06:31 WIB

Pemerintah 'Tutup Pintu' Untuk WNI Eks ISIS

Bogor - Pemerintah telah mengambil keputusan untuk tidak memulangkan warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS. Hal ini diputuskan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi)…

inilah.com

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020).

Politik 11 Februari 2020 - 20:29 WIB

Zulkifli Hasan Terpilih Jadi Ketua Umum PAN Periode 2020-2025

KENDARI - Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional periode 2020-2025 berdasarkan pemilihan dalam Kongres V PAN pada Selasa (11/2/2020).…

Kompas.com

Achmad Luqman bersama penulis Albert Kuhon

Artikel 11 Februari 2020 - 12:08 WIB

Elegi Buat Luqman Yang Budhal Duluan

Hidup Luqman sungguh dibuatnya kocak. Semasa muda, tingkat kejahilannya sangat tinggi dan hampir semua teman dekat pernah dia kerjain. Mulai dari sandal atau sepatu…