Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Minggu, 26 Januari 2020 - 02:21 WIB

Digital Hub akan Berkontribusi Positif dalam Pengembangan Ekonomi Digital di BSD City

Oleh : HA | Sabtu, 07 Desember 2019 - 16:09 WIB

Sinar Mas Land bersama The Jakarta Post dan PricewaterhouseCoopers selenggarakan sebuah diskusi bertajuk ‘’Outlook Kawasan Digital Hub Pada 2020’’ di BSD City.
Sinar Mas Land bersama The Jakarta Post dan PricewaterhouseCoopers selenggarakan sebuah diskusi bertajuk ‘’Outlook Kawasan Digital Hub Pada 2020’’ di BSD City.
Tangerang, BSD City – Bidang teknologi digital berkembang dengan makin pesat dalam dekade ini. Produk-produk dari bidang ini kini dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari aplikasi komputer untuk belajar dan bekerja, game online, hingga fintech dan infrastruktur. Geliat perkembangannya yang luar biasa berpengaruh pada sektor ekonomi digital yang kini marak dibahas di berbagai belahan dunia.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang mengawali revolusi ekonomi ini dengan perkembangan ekonomi digital di Silicon Valley, San Francisco. Bermula dari inovasi dan kesediaan digital talent dari Stanford University dan beberapa perguruan tinggi, daerah tersebut kini telah menjadi rumah dari perusahaan-perusahaan teknologi terbesar di dunia seperti Apple, Twitter, Facebook dan Tesla.

Beberapa negara telah mendedikasikan kawasan khusus untuk pengembangan ekonomi digital. Di Indonesia sendiri, pengembangan kawasan ekonomi digital dilakukan secara visioner oleh Sinar Mas Land dalam Digital Hub yang berlokasi di BSD City.

Berkaca dari Silicon Valley, Sinar Mas Land memulai pengembangan ini secara organik dengan penyediaan perguruan tinggi untuk menyediakan digital talent pool bahkan sebelum pembangunan Digital Hub. Hal ini membuat BSD City memiliki digital talent pool yang mumpuni untuk melengkapi fasilitas dan infrastruktur berteknologi tinggi yang tersedia di kota mandiri ini. Kini sejalan dengan pembangunan Digital Hub, Sinar Mas Land telah menyambut berbagai perusahaan teknologi kelas dunia seperti Apple, Huawei dan NTT untuk berkantor di BSD city.

Sinar Mas Land menggandeng The Jakarta Post, surat kabar berbahasa Inggris terbesar di Indonesia dan PricewaterhouseCoopers, firma audit terbesar di dunia untuk menelaah pengembangan Kawasan Digital Hub di BSD City. Acara diskusi tersebut berlangsung pada hari Selasa, 3 Desember 2019 di The Breeze BSD City. Dalam acara ini, Irvan Yasni (CEO Technology Business – Sinar Mas Land) dan Ravi Ivaturi (PwC Indonesia - Digital Transformation Advisor) membahas tentang pembinaan inovasi dalam perkembangan ekonomi digital di Digital Hub. Diskusi yang dipimpin oleh Prima Wirayani (Business Desk Deputy Editor – The Jakarta Post) sebagai moderator ini dihadiri oleh 80 orang dari perusahaan berbasis digital, pendiri dan pekerja startup serta penggemar teknologi.

Kawasan Digital Hub didesain sebagai pusat tech commerce yang ekspansif dan berkelanjutan dengan tujuan menyediakan wadah bagi kreator dan inovator Indonesia yang berusaha untuk memiliki masa depan yang fantastis, terintegrasi dengan teknologi dan memiliki kesadaran penuh akan lingkungan. Sebagai bagian dari Ekonomi 4.0, Digital Hub juga dipersiapkan untuk menjadi hub ekonomi digital terdepan di Indonesia.

Panji Himawan selaku Corporate Communication & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land menjelaskan “ Di Era Digital saat ini, semua bidang akan terkena dampaknya tak terkecuali kami yang bergerak di industry Real Estate. Bagi Sinar Mas Land, membangun sebuah kawasan seperti Digital Hub yang nantinya akan menjadi rumah bagi komunitas para pelaku kreatif, tekhnologi dan digital adalah salahsatu wujud komitmen kami untuk menjadi pionir perusahaan developer yang menciptakan produk -produk sesuai dengan kebutuhan di era digital saat ini. Di sebagian besar proyek milik Sinar Mas Land, kami juga telah meluncurkan rumah-rumah tinggal yang telah dilengkapi dengan fitur smart home system dimana semuanya dapat terintegrasi dengan gadget anda.”

Digital Hub dibangun diatas lahan seluas 26 hektar dan terletak di bagian selatan BSD Green Office Park. Sejumlah institusi pendidikan di bidang coding juga telah hadir di BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, Purwadhika, Grab Innovation Lab, Creativenest. Keberadaan institusi tersebut berguna untuk menyediakan tenaga kerja di bidang digital seperti IT developers kesejumlah perusahaan multinasional, startup serta tech companies yang sudah ada di BSD City.

Komentar Berita

Berita Lainnya

KRI John Lie

Nasional 25 Januari 2020 - 18:20 WIB

Tionghoa dalam Deretan Nama Pahlawan Bangsa

Dalam deretan pahlawan nasional Republik Indonesia, ada satu nama yang menunjukkan identitas ketionghoaan, yaitu John Lie Tjeng Tjoan. Ia adalah Tionghoa peranakan.…

cnnindonesia.com

Petugas menunjukkan sampel bahan bakar B30 saat peluncuran uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Teknologi 16 Januari 2020 - 09:35 WIB

Pakai Biosolar B30, Jangan Kaget Isi Tangki Berubah Jadi Gel

JAKARTA – Implementasi kebijakan Biosolar B30 telah dimulai sejak awal 2020. Masyarakat sudah bisa mendapatkan BBM jenis ini di hampir seluruh SPBU Pertamina…

Kompas.com

Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana? Foto: M Bakrie/detikcom Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana? Foto: M Bakrie/detikcom

Ekbis 16 Januari 2020 - 09:18 WIB

Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mencabut subsidi Elpiji 3 kilogram (kg). Subsidi tak lagi diberikan per tabung, melainkan langsung…

detik.com

Sumber gambar: shutterstock.com

Ekbis 31 Desember 2019 - 16:29 WIB

Mau Kaya? Investasi Emas Aja Yuk!

Emas bukan hanya untuk menunjukkan kelas sosial, tetapi juga menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan uang agar bermanfaat di kemudian hari. Kerap kali emas dijadikan…

Duniatambang.co.id

Ketua Umum JPKPN Jery Rampen, SH

Nasional 29 Desember 2019 - 14:26 WIB

JPKPN Ormas Relawan Tertua Konsisten Bela Kepentingan Bangsa

Ormas Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan Nasional (JPKPN) hadir untuk tak menyesatkan anggotanya yang ikut, karena tugas utama adalah membela kepemimpinan…

Agus Surya Bakti dan Bella Saphira

Ekbis 20 Desember 2019 - 19:55 WIB

Suami Aktris Cantik Bella Saphira Diangkat Jadi Komut Antam

Kementerian BUMN mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk merombak direksi dan komisaris PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Erick Tohir mengangkat…

Duniatambang.co.id

Suasana bongkar muat peti kemas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu di Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (15/11/2018).

Ekbis 18 Desember 2019 - 05:49 WIB

Perusahaan Raksasa Cina Investasi Rp 120 T di KEK Palu

PALU -- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China, China First Heavy Industries (CFHI) Co Ltd berinvestasi sebesar Rp 120 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu,…

republika.co.id