Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Rabu, 17 Juli 2019 - 22:07 WIB

"Meraih Bintang" Dinyanyikan Berbeda dalam Lima Bahasa Asing

Republika.co.id | Sabtu, 18 Agustus 2018 - 07:40 WIB

Penampilan Via Vallen dalam konser 50 hari menuju Asian Games Indonesia- Palembang di Jakarta, Sabtu (30/6).
Penampilan Via Vallen dalam konser 50 hari menuju Asian Games Indonesia- Palembang di Jakarta, Sabtu (30/6).
Sejak pertama kali muncul di kanal Youtube pada 30 Juni 2018, lagu tema Asian Games 2018 "Meraih Bintang" telah menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Hingga kini, video klip dari lagu yang dinyanyikan oleh Via Vallen tersebut telah ditonton sebanyak 23 juta lebih kali.

Doa Via Vallen untuk lagu yang diciptakan Parlin Burman Siburian tersebut agar setenar lagu hits-nya "Sayang" telah terwujud. Lagu tersebut kini terdengar di mana-mana, di radio, televisi hingga pusat perbelanjaan. Musik bertempo cepat yang memadukan warna pop dan dangdut itu memang gampang untuk dinikmati.

Salah satu bagian yang paling menarik dalam lagu tersebut adalah bagian refrain, di mana lirik, "Yo yo ayo.. Yo ayo yo.. yo ayo." dinyanyikan dengan sedikit patah-patah dan diiringi dengan suara gendang.

Sejumlah artis dari berbagai negara pun turut serta untuk membawakan ulang, bahkan mengaransemen ulang lagu tersebut. Tentu saja, mereka menyanyikannya dengan bahasa lokal masing-masing negara.

Hingga saat ini lagu "Meraih Bintang" sudah dinyanyikan dalam lima versi bahasa. Yaitu, Thailand dinyanyikan oleh Janniene Weigel, versi Arab dinyanyikan oleh Assel Omran, versi Mandarin oleh Jason Chen, versi India dinyanyikan oleh Siddharth Slathia serta versi Korea dinyanyikan oleh Kim Ji Hoon.

Janniene Weigel adalah seorang penyanyi dan aktris keturunan Thailand-Jerman, dia memiliki karakter suara yang manis. Dalam video klipnya, dara berusia 19 tahun itu berada di sebuah studio rekaman, dia memulai menyanyikan lagu "Meraih Bintang" dengan bahasa Inggris, hingga bagian refrain barulah dia menyanyikan lagu tersebut dengan Bahasa Thailand.

Lagu versi Janniene sebenarnya tidak banyak mengubah aransemen lagu tersebut. Dia hanya mengalihbahasakan lagu tersebut, bahkan bagian lirik, "Yo yo ayo...," juga tetap menggunakan bahasa aslinya.

Formula yang sama digunakan oleh penyanyi pop Taiwan berkebangsaan Amerika Serikat, Jason Chen. Bedanya, jika Janniene menggunakan bahasa Thai setelah verse pertamanya yang berbahasa Inggris, maka Jason menggabungkan bahasa Inggris dan Mandarin dalam setiap verse secara bergantian.

Masih menggunakan aransemen musik yang diambil dari lagu aslinya, "Meraih Bintang" juga dinyanyikan dalam versi Bahasa Arah oleh penyanyi Arab Saudi, Aseel Omran. Penyanyi perempuan berusia 28 tahun ini mengubah keseluruhan lagu dengan bahasa Arab sehingga judul lagunya menjadi "Alhalmi Haan".

Berita Lainnya

Pertemuan Jokowi-Prabowo di kereta MRT.

Nasional 13 Juli 2019 - 11:40 WIB

Jokowi Ungkap Alasan Bertemu Prabowo di Kereta MRT

Lokasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak disangka-sangka. Keduanya ternyata memilih bertemu di dalam…

Viva.co.id

Presiden Joko Widodo bertemu calon presiden, Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019).

Nasional 13 Juli 2019 - 11:21 WIB

Momen Jokowi-Prabowo Berpelukan, Akhiri Era "Cebong" dan "Kampret"

Presiden Joko Widodo akhirnya kembali bertemu dengan mantan rival dua kalinya dalam ajang pemilihan presiden, Prabowo Subianto di Stadion MRT Lebak Bulus, Sabtu…

Kompas.com

Jokowi bertemu dengan Prabowo. (Andhika/detikcom)

Nasional 13 Juli 2019 - 10:15 WIB

Akhirnya! Jokowi dan Prabowo Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya bertemu hari ini. Mereka bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Prabowo sebelumnya…

detik.com

Bendera Gerindra

Opini 04 Juli 2019 - 15:12 WIB

Gerindra Mau Jadi Oposisi atau “Oplosan”

Gerindra harus menjadi oposisi jika ingin suaranya tetap besar. Artinya , oposisi merupakan pilihan terbaik bagi Gerindra ketimbang menjadi “oplosan”

Salah satu sudut Pesantrean Zamzam Assyifa yang menempati bangunan apartemen, di Margonda Depok.

Religi 04 Juli 2019 - 05:26 WIB

Pesantren Di Apartemen

Sejauh yang saya tahu, ini pesantren pertama di Indonesia yang menempati kompleks apartemen. Menempati 15 lantai dari satu tower apartemen tersebut.

Fatma Bahalwan

Ekbis 25 Juni 2019 - 20:56 WIB

Natural Cooking Class ala Fatma Bahalwan

Dari kegiatan memasak itu, Fatma kini menulis banyak buku best seller di bidang kuliner

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Ekbis 25 Juni 2019 - 00:45 WIB

AirAsia Pindah ke Bandara Kertajati pada 30 Juni, Lion Mulai 1 Juli

Maskapai AirAsia dan Lion Air akan memindahkan penerbangan rute domestiknya dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)…

katadata.co.id

Deddy Corbuzier

Religi 24 Juni 2019 - 00:52 WIB

Usai Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier Diminta Doakan Banyak Orang

Deddy Corbuzier begitu terkejut atas dukungan orang-orang usai dirinya menjadi mualaf. Ia pun mengucapkan terima kasih banyak atas respons positif dari masyarakat.…

detik.com