Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Senin, 24 September 2018 - 01:22 WIB

"Meraih Bintang" Dinyanyikan Berbeda dalam Lima Bahasa Asing

Republika.co.id | Sabtu, 18 Agustus 2018 - 07:40 WIB

Penampilan Via Vallen dalam konser 50 hari menuju Asian Games Indonesia- Palembang di Jakarta, Sabtu (30/6).
Penampilan Via Vallen dalam konser 50 hari menuju Asian Games Indonesia- Palembang di Jakarta, Sabtu (30/6).
Sejak pertama kali muncul di kanal Youtube pada 30 Juni 2018, lagu tema Asian Games 2018 "Meraih Bintang" telah menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Hingga kini, video klip dari lagu yang dinyanyikan oleh Via Vallen tersebut telah ditonton sebanyak 23 juta lebih kali.

Doa Via Vallen untuk lagu yang diciptakan Parlin Burman Siburian tersebut agar setenar lagu hits-nya "Sayang" telah terwujud. Lagu tersebut kini terdengar di mana-mana, di radio, televisi hingga pusat perbelanjaan. Musik bertempo cepat yang memadukan warna pop dan dangdut itu memang gampang untuk dinikmati.

Salah satu bagian yang paling menarik dalam lagu tersebut adalah bagian refrain, di mana lirik, "Yo yo ayo.. Yo ayo yo.. yo ayo." dinyanyikan dengan sedikit patah-patah dan diiringi dengan suara gendang.

Sejumlah artis dari berbagai negara pun turut serta untuk membawakan ulang, bahkan mengaransemen ulang lagu tersebut. Tentu saja, mereka menyanyikannya dengan bahasa lokal masing-masing negara.

Hingga saat ini lagu "Meraih Bintang" sudah dinyanyikan dalam lima versi bahasa. Yaitu, Thailand dinyanyikan oleh Janniene Weigel, versi Arab dinyanyikan oleh Assel Omran, versi Mandarin oleh Jason Chen, versi India dinyanyikan oleh Siddharth Slathia serta versi Korea dinyanyikan oleh Kim Ji Hoon.

Janniene Weigel adalah seorang penyanyi dan aktris keturunan Thailand-Jerman, dia memiliki karakter suara yang manis. Dalam video klipnya, dara berusia 19 tahun itu berada di sebuah studio rekaman, dia memulai menyanyikan lagu "Meraih Bintang" dengan bahasa Inggris, hingga bagian refrain barulah dia menyanyikan lagu tersebut dengan Bahasa Thailand.

Lagu versi Janniene sebenarnya tidak banyak mengubah aransemen lagu tersebut. Dia hanya mengalihbahasakan lagu tersebut, bahkan bagian lirik, "Yo yo ayo...," juga tetap menggunakan bahasa aslinya.

Formula yang sama digunakan oleh penyanyi pop Taiwan berkebangsaan Amerika Serikat, Jason Chen. Bedanya, jika Janniene menggunakan bahasa Thai setelah verse pertamanya yang berbahasa Inggris, maka Jason menggabungkan bahasa Inggris dan Mandarin dalam setiap verse secara bergantian.

Masih menggunakan aransemen musik yang diambil dari lagu aslinya, "Meraih Bintang" juga dinyanyikan dalam versi Bahasa Arah oleh penyanyi Arab Saudi, Aseel Omran. Penyanyi perempuan berusia 28 tahun ini mengubah keseluruhan lagu dengan bahasa Arab sehingga judul lagunya menjadi "Alhalmi Haan".

Berita Lainnya

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Olahraga 23 September 2018 - 13:35 WIB

Anthony Ginting Juara China Terbuka 2018 Usai Kalahkan Kento Momota

Anthony Sinisuka Ginting berhasil keluar menjadi juara tunggal putra China Terbuka 2018. Dalam babak final yang berlangsung di Olympic Sports Center Xingcheng Gymnasium,…

Viva.co.id

Ferrari Portofino yang diluncurkan Prestige di Bali.

Otomotif 23 September 2018 - 10:35 WIB

Ferrari Model Termurah Goda Orang Kaya Indonesia

Prestige Image Motorcars resmi meluncurkan Ferrari Portofino, Sabtu (22/9/2018) malam. Bertempat di Finns Beach Club, Canggu, Bali, model Ferrari termurah itu dibanderol…

Kompas.com

Tips agar video YouTube mudah ditemukan oleh mesin pencari

Teknologi 22 September 2018 - 06:36 WIB

Tips agar video YouTube mudah ditemukan oleh mesin pencari

Perwakilan YouTube Geri Azriel Siddik membagikan empat tips efektif berikut ini tentang bagaimana konten video Anda pada sosial media tersebut bisa lebih mudah…

Antaranews.com

Asia Sentinel's twitter post on the news mentioning Susilo Bambang Yudhoyono administration's involvement in Bank Century scandal.

Politik 22 September 2018 - 06:06 WIB

Demokrat Investigasi Asia Sentinel Hingga ke Hong Kong

Kepala Divisi Advokasi Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean membenarkan terkait dibentuknya tim investigasi oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).…

republika.co.id

Bakal calon presiden sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengikuti upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2018 di Kampus Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta Pusat, Jumat (17/8/2018).

Politik 21 September 2018 - 00:36 WIB

Tommy dan Titiek Soeharto Masuk dalam Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga

Calon wakil presiden Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya…

Kompas.com

Bupati Purbalingga, Tasdi terkena Operasi Tangkap Tangan KPK

Hukum 20 September 2018 - 00:31 WIB

Uang Suap Bupati Purbalingga Diduga untuk Dana Kampanye Pilgub Jateng Oleh Dusep Malik,

Bupati Pubalingga, Tasdi mengungkapkan bahwa uang suap yang dia terima digunakan untuk kepentingan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada Pilgub Jawa Tengah.…

Viva.co.id

Bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan).

Politik 19 September 2018 - 18:39 WIB

Kubu Prabowo Pakai Tagar Baru #2019PrabowoSandi

Kubu pendukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno kembali mendeklarasikan tanda pagar atau tagar dukungan kepada pasangan itu. Kali…

Viva.co.id

Gubernur NTB periode 2018-2023, Zulkieflimansyah, saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 19 September 2018. TEMPO/Subekti.

Politik 19 September 2018 - 15:14 WIB

Gubernur NTB Zulkieflimansyah Ogah Jadi Timses Jokowi

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menyatakan tidak mau menjadi anggota tim sukses kubu mana pun dalam pemilihan presiden 2019. Prioritas utama saat…

Tempo.co