Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Sabtu, 17 November 2018 - 03:33 WIB

"Meraih Bintang" Dinyanyikan Berbeda dalam Lima Bahasa Asing

Republika.co.id | Sabtu, 18 Agustus 2018 - 07:40 WIB

Penampilan Via Vallen dalam konser 50 hari menuju Asian Games Indonesia- Palembang di Jakarta, Sabtu (30/6).
Penampilan Via Vallen dalam konser 50 hari menuju Asian Games Indonesia- Palembang di Jakarta, Sabtu (30/6).
Sejak pertama kali muncul di kanal Youtube pada 30 Juni 2018, lagu tema Asian Games 2018 "Meraih Bintang" telah menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Hingga kini, video klip dari lagu yang dinyanyikan oleh Via Vallen tersebut telah ditonton sebanyak 23 juta lebih kali.

Doa Via Vallen untuk lagu yang diciptakan Parlin Burman Siburian tersebut agar setenar lagu hits-nya "Sayang" telah terwujud. Lagu tersebut kini terdengar di mana-mana, di radio, televisi hingga pusat perbelanjaan. Musik bertempo cepat yang memadukan warna pop dan dangdut itu memang gampang untuk dinikmati.

Salah satu bagian yang paling menarik dalam lagu tersebut adalah bagian refrain, di mana lirik, "Yo yo ayo.. Yo ayo yo.. yo ayo." dinyanyikan dengan sedikit patah-patah dan diiringi dengan suara gendang.

Sejumlah artis dari berbagai negara pun turut serta untuk membawakan ulang, bahkan mengaransemen ulang lagu tersebut. Tentu saja, mereka menyanyikannya dengan bahasa lokal masing-masing negara.

Hingga saat ini lagu "Meraih Bintang" sudah dinyanyikan dalam lima versi bahasa. Yaitu, Thailand dinyanyikan oleh Janniene Weigel, versi Arab dinyanyikan oleh Assel Omran, versi Mandarin oleh Jason Chen, versi India dinyanyikan oleh Siddharth Slathia serta versi Korea dinyanyikan oleh Kim Ji Hoon.

Janniene Weigel adalah seorang penyanyi dan aktris keturunan Thailand-Jerman, dia memiliki karakter suara yang manis. Dalam video klipnya, dara berusia 19 tahun itu berada di sebuah studio rekaman, dia memulai menyanyikan lagu "Meraih Bintang" dengan bahasa Inggris, hingga bagian refrain barulah dia menyanyikan lagu tersebut dengan Bahasa Thailand.

Lagu versi Janniene sebenarnya tidak banyak mengubah aransemen lagu tersebut. Dia hanya mengalihbahasakan lagu tersebut, bahkan bagian lirik, "Yo yo ayo...," juga tetap menggunakan bahasa aslinya.

Formula yang sama digunakan oleh penyanyi pop Taiwan berkebangsaan Amerika Serikat, Jason Chen. Bedanya, jika Janniene menggunakan bahasa Thai setelah verse pertamanya yang berbahasa Inggris, maka Jason menggabungkan bahasa Inggris dan Mandarin dalam setiap verse secara bergantian.

Masih menggunakan aransemen musik yang diambil dari lagu aslinya, "Meraih Bintang" juga dinyanyikan dalam versi Bahasa Arah oleh penyanyi Arab Saudi, Aseel Omran. Penyanyi perempuan berusia 28 tahun ini mengubah keseluruhan lagu dengan bahasa Arab sehingga judul lagunya menjadi "Alhalmi Haan".

Berita Lainnya

Sejumlah mantan karyawan PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) melakukan aksi di depan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 14 November 2018.

Ekbis 16 November 2018 - 00:05 WIB

Ada Investor Berminat Suntik Dana, Apakah Merpati akan Diprivatisasi?

Peluang PT Merpati Nusantara Airlines untuk beroperasi kembali terbuka setelah Pengadilan Niaga Surabaya mengabulkan proposal perdamaian permohonan Penundaan Kewajiban…

Viva.co.id

Test drive MINI Cooper Countryman di Tangerang, 13 November 2018. Tempo/Muhammad Kurnianto

Otomotif 14 November 2018 - 06:46 WIB

Akselerasi MINI Cooper Baru 6,7 Detik, Simak Speknya dan Harganya

MINI meluncurkan empat kendaraan terbarunya yakni new MINI Cooper 3 Door, new MINI Cooper S 3 Door, new MINI Cooper 5 Door, New MINI Cooper Countryman rakitam lokal…

Tempo.co

Yanto Suryawan - Head of Marketing Digital Hub, Sinar Mas Land, sedang menjelaskan BSD City yang bertransformasi menjadi Smart City & proyek Digital Hub, BSD City.

Ekbis 14 November 2018 - 06:27 WIB

Bengkel Animasi Bersama Sinar Mas Land dan Intel Selenggarakan Indonesian CG Heroes.

Hadir pakar animasi ternama seperti Ronny Gani – Senior Animator Film Avengers: Infinity War, Rini Sugianto – Senior Animator Film The Hobbit: The Desolation…

Letkol CKM dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad, dokter Spesialis radiologi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD). Dok.TEMPO/ Jacky Rachmansyah\

Nasional 13 November 2018 - 00:44 WIB

Warga Vietnam Terapi Cuci Otak, Dokter Terawan: Datangkan Devisa

Kepala Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto, Mayor Jenderal Terawan Agus Putranto atau Dokter Terawan mengatakan, metode Medical Digital Substraction Angiogram…

Tempo.co

Presiden Jokowi berbincang dengan sejumlah pedagang saat melakukan blusukan ke Pasar Anyar, di Kota Tangerang, Banten, Ahad, 4 November 2018. Foto: Biro Pers Setpres.

Politik 09 November 2018 - 12:52 WIB

Usai Sindir Politikus Sontoloyo, Jokowi Sebut Politik Genderuwo

Jakarta - Usai polemik ihwal politikus sontoloyo, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyindir aksi para politikus yang gemar menyebar propaganda menakutkan. Jokowi…

Tempo.co

Monik William – Deputy Group CEO Sinar Mas Land bersama dengan Nariman Prasetyo – Direktur Utama PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembangunan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) di BSD City (8/11).

Ekbis 09 November 2018 - 06:34 WIB

Sinar Mas Land dan PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk Akan Bangun Rusunami Sederhana di BSD City

Rusunami tersebut akan dibangun di BSD City, mengusung konsep hunian yang sederhana namun berkualitas dengan harga terjangkau. Rusunami ini memiliki akses strategis…

Aktivitas Hasan Sentot menyalurkan sedekah nasi bungkus dari para donatur dengan sasaran fakir miskin disekitar kota Surabaya.

Ekbis 07 November 2018 - 12:36 WIB

Mantan Wartawan Ini Geluti Layanan Sedekah Nasi Bungkus

Surabaya - Berusaha sambil beribadah. Mungkinkah? Ini yang sekarang dilakukan Hasan Sentot, mantan wartawan SCTV di Surabaya. Pria kelahiran Banyuwangi ini punya…

ngopibareng.id

Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra.

Politik 06 November 2018 - 13:01 WIB

PBB Belum Tentukan Sikap Dukungan ke Jokowi-Maruf di Pilpres 2019

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra telah ditunjuk sebagai kuasa hukum Joko Widodo-Ma’ruf Amien untuk Pemilihan Presiden 2019. Meski begitu PBB belum menyatakan…

Viva.co.id