Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Rabu, 17 Juli 2019 - 22:14 WIB

Jokowi Kucurkan Rp187 Triliun Dana Desa Selama Empat Tahun

Cnnindonesia.com | Rabu, 24 Oktober 2018 - 02:16 WIB

Menteri Eko mengklaim penyerapan dasa desa terus meningkat sejak tahun 2015. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Menteri Eko mengklaim penyerapan dasa desa terus meningkat sejak tahun 2015. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jokowi Kucurkan Rp187 Triliun Dana Desa Selama Empat Tahun
Menteri Eko mengklaim penyerapan dasa desa terus meningkat sejak tahun 2015. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo mengatakan selama empat tahun ini pemerintahan Joko Widodo telah mengucurkan dana desa sejumlah Rp187 triliun. Menurut, anggaran dana desa terus meningkat setiap tahunnya, sejak 2015.

"Ini merupakan komitmen politik untuk mengurangi kesenjangan dan kemiskinan, terutama yang ada di desa-desa," kata Eko dalam acara 'Empat Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla', di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10).

Eko menyebut penyerapan atau penggunaan dana desa juga terus meningkat sejak pertama kali dikucurkan. Pada 2015, penyerapan dana desa baru sebesar 82 persen. Kemudian meningkat menjadi 97 persen pada 2016. Selanjutnya pada tahun lalu meningkat menjadi 98 persen.

"Peningkatan penyerapan ini menunjukkan tata kelola di desa-desa berjalan baik. Karena yang kita semua tahu bahwa dana desa dikucurkan tiga tahap. Tahap berikutnya tidak bisa dicairkan sebelum laporan dan hasil audit diterima," ujarnya.

Eko menyatakan rendahnya penyerapan anggaran pada 2015 lalu lantaran program dana desa saat itu baru pertama kali diluncurkan. Sementara, kepala desa maupun perangkat desa saat itu belum memiliki kemampuan mengelola dana desa, sebesar sekitar Rp1 miliar setiap desa.

"Kita semua tahu 40 persen kepala desa kita hanya tamatan SD dan SMP. Mereka tidak punya perangkat selengkap kecamatan untuk kelola dana desa," kata dia.

Eko mengatakan salah satu keberhasilan pengelolaan dana desa karena kehadiran para pendamping di masing-masing desa. Politikus PKB itu menyatakan pihaknya memiliki sekitar 40 ribu pendamping desa yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Secara terus menerus memberikan pendampingan pada perangkat desa," ujarnya.

Berita Lainnya

Pertemuan Jokowi-Prabowo di kereta MRT.

Nasional 13 Juli 2019 - 11:40 WIB

Jokowi Ungkap Alasan Bertemu Prabowo di Kereta MRT

Lokasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak disangka-sangka. Keduanya ternyata memilih bertemu di dalam…

Viva.co.id

Presiden Joko Widodo bertemu calon presiden, Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019).

Nasional 13 Juli 2019 - 11:21 WIB

Momen Jokowi-Prabowo Berpelukan, Akhiri Era "Cebong" dan "Kampret"

Presiden Joko Widodo akhirnya kembali bertemu dengan mantan rival dua kalinya dalam ajang pemilihan presiden, Prabowo Subianto di Stadion MRT Lebak Bulus, Sabtu…

Kompas.com

Jokowi bertemu dengan Prabowo. (Andhika/detikcom)

Nasional 13 Juli 2019 - 10:15 WIB

Akhirnya! Jokowi dan Prabowo Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya bertemu hari ini. Mereka bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Prabowo sebelumnya…

detik.com

Bendera Gerindra

Opini 04 Juli 2019 - 15:12 WIB

Gerindra Mau Jadi Oposisi atau “Oplosan”

Gerindra harus menjadi oposisi jika ingin suaranya tetap besar. Artinya , oposisi merupakan pilihan terbaik bagi Gerindra ketimbang menjadi “oplosan”

Salah satu sudut Pesantrean Zamzam Assyifa yang menempati bangunan apartemen, di Margonda Depok.

Religi 04 Juli 2019 - 05:26 WIB

Pesantren Di Apartemen

Sejauh yang saya tahu, ini pesantren pertama di Indonesia yang menempati kompleks apartemen. Menempati 15 lantai dari satu tower apartemen tersebut.

Fatma Bahalwan

Ekbis 25 Juni 2019 - 20:56 WIB

Natural Cooking Class ala Fatma Bahalwan

Dari kegiatan memasak itu, Fatma kini menulis banyak buku best seller di bidang kuliner

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Ekbis 25 Juni 2019 - 00:45 WIB

AirAsia Pindah ke Bandara Kertajati pada 30 Juni, Lion Mulai 1 Juli

Maskapai AirAsia dan Lion Air akan memindahkan penerbangan rute domestiknya dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)…

katadata.co.id

Deddy Corbuzier

Religi 24 Juni 2019 - 00:52 WIB

Usai Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier Diminta Doakan Banyak Orang

Deddy Corbuzier begitu terkejut atas dukungan orang-orang usai dirinya menjadi mualaf. Ia pun mengucapkan terima kasih banyak atas respons positif dari masyarakat.…

detik.com