Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Senin, 27 Mei 2019 - 10:00 WIB

Mantan Wartawan Ini Geluti Layanan Sedekah Nasi Bungkus

Ngopibareng.id | Rabu, 07 November 2018 - 12:36 WIB

Aktivitas Hasan Sentot menyalurkan sedekah nasi bungkus dari para donatur dengan sasaran fakir miskin disekitar kota Surabaya.
Aktivitas Hasan Sentot menyalurkan sedekah nasi bungkus dari para donatur dengan sasaran fakir miskin disekitar kota Surabaya.
Surabaya - Berusaha sambil beribadah. Mungkinkah? Ini yang sekarang dilakukan Hasan Sentot, mantan wartawan SCTV di Surabaya.

Pria kelahiran Banyuwangi ini punya pekerjaan tambahan selain sehari-hari menjadi marketing Gedung JX Internasional. Setiap Jum'at ia sudah berkeliling kota sejak subuh.

Lho mengapa? Di pagi hari, ia harus mengedarkan nasi bungkus ke pasukan kuning alias pembersih jalan kota. Siang harinya, ia keliling membagikan nasi bungkus ke sejumlah masjid.

Sejak dua tahun lalu, sarjana lulusan Fakultas Sastra Universitas Jember ini merintis bisnis catering khusus sedekah bersama istrinya. Ia melayani orang-orang yang mau bersedekah makanan dalam bentuk nasi bungkus dan kotak.

"Mulanya Ketua Dewan Masjid (DMI) Surabaya Arif Afandi yang mendorong saya menekuni usaha ini. Ia pun memesan untuk bersedekah nasi bungkus bagi jamaah salat Jum'at di Surabaya sampai sekarang," katanya kepada ngopibareng.id.

Saat itu, lanjutnya, setiap Jum'at hanya melayani pesanan 100 bungkus. Lambat laun, makin banyak yang tertarik mengikuti langkah mantan Wakil Walikota Surabaya tersebut. Kini, setiap Jumat ia rata-rata membagikan 1000 bungkus nasi sedekah.

Menurut Hansen, kesadaran orang bersedekah sekarang makin tumbuh. Yang menarik, umumnya begitu sekali pesan mereka terus menjadi pelanggan rutin. Bahkan cenderung menambah pesanan nasi bungkus yang dibagikan.

"Dulu, saat memulai hanya istri yang memasak. Kini, kami memperkerjakan 5 ibu-ibu untuk memenuhi pesanan pelanggan. Alhamdulillah, bisa memberi penghasilan tambahan ibu-ibu di tetangga rumah," kata pria yang tinggal di kawasan Juanda Sidoarjo ini.

Target penerima nasi bungkus sedekah juga meluas. Tidak hanya masjid, tapi juga penerima lain. Ada yang pesan untuk dibagikan pagi hari di jalan, ke pasukan kuning petugas kebersihan, panti asuhan, dan para tetangga.

Kini, pemesan nasi bungkus sedekah tidak hanya dari Surabaya dan Sidoarjo. Ada juga dari Jakarta, luar pulau, bahkan luar negeri. "Malah kini ada yang menitipkan doa untuk orang tua maupun keluarga yang sudah meninggal," tambahnya.

Berita Lainnya

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menunjukkan buku berjudul Jokowi People Power saat jeda pemeriksaan untuk salat Jumat, di Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan, Jakarta, 24 Mei 2019. ANTARA

Nasional 25 Mei 2019 - 00:25 WIB

Diperiksa 10 Jam, Amien Rais Jelaskan Maksud People Power

Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais diperiksa selama sekitar 10 jam sebagai saksi dalam kasus dugaan makar dengan tersangka…

Tempo.co

Perawatan lapangan pesawat terbang yang dikelola oleh Asia Aero Technology

Ekbis 24 Mei 2019 - 06:55 WIB

Dari Tukang Rumput Jadi Pengelola Bandara

Banyak yang punya helikopter dan pesawat terbang pribadi. Tapi hanya satu yang punya bandaranya.

Pendiri Yayasan Pesantren Adz-Dzikra, KH Muhammad Arifin Ilham. (Screenshot via instagram @alvin_411)

Nasional 23 Mei 2019 - 00:17 WIB

Arifin Ilham Meninggal Dunia di Malaysia

Pendiri Yayasan Pesantren Az-Zikra KH Muhammad Arifin Ilham alias Ustaz Arifin Ilham meninggal karena penyakit kanker getah bening yang diidapnya. Dia tutup usia…

cnnindonesia.com

 Taksi listrik yang beroperasi di Jakarta

Opini 22 Mei 2019 - 08:50 WIB

SKOR 1 – 0

Kali ini saya menang 1 – 0. Melawan Pak Dahlan Iskan. Dalam soal cepet-cepetan punya pengalaman naik taksi listrik di Jakarta.

Prabowo Gugat Hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi Calon presiden Prabowo Subianto berencana mengajukan gugatan sengketa pemilu ke Mahkamah Konstitusi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Nasional 21 Mei 2019 - 12:59 WIB

Prabowo Gugat Hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi

Home Nasional Internasional Ekonomi Olahraga Teknologi Hiburan Gaya Hidup Infografis Foto Video Fokus Kolom Terpopuler Indeks BREAKING NEWS: Pidato Jokowi Usai…

cnnindonesia.com

Jokowi-Ma'ruf Amin (Rengga Sancaya/detikcom)

Nasional 21 Mei 2019 - 03:51 WIB

KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Pemenang Pilpres 2019

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin ditetapkan menjadi pemenang…

detik.com

Empat muazin mengumandangkan azan di Masjid Kesultanan Ternate

Religi 18 Mei 2019 - 09:11 WIB

Uniknya Masjid Kesultanan Ternate, 4 Muazin Kumandangkan Azan

Masjid Kesultanan Ternate atau Sigi Lamo merupakan warisan harta kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Selain menjadi saksi bisu sejarah perkembangan…

Viva.co.id

Petugas KPPS meninggal dunia.

Nasional 17 Mei 2019 - 20:57 WIB

Komnas HAM Mulai Investigasi Kematian Petugas KPPS

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM melakukan investigasi terkait dengan penyelenggaraan Pemilihan Umum di wilayah Provinsi Banten, khususnya di Tangerang.…

Viva.co.id