Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Rabu, 17 Juli 2019 - 21:51 WIB

HNW: Indonesia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji

Republika.co.id | Selasa, 18 Desember 2018 - 23:29 WIB

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid (HNW) memastikan Indonesia telah mendapatkan penambahan kuota haji sebesar 10 ribu. Berarti rinciannya yang tadinya kuota haji Indonesia 221 ribu ketika ditambah 10 ribu menjadi 231 ribu kuota haji Indonesia di tahun 2019.

Informasi adanya penambahan kuota haji disampaikan langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin kepada Hidayat Nur Wahid di acara milad Rabithah Alawiyah, kemarin malam. “Kata Pak Menteri Agama waktu kami bertemu kemarin malam di Milad Rabithah Alawiyah menyampaikan ada penambahan 10 ribu,” kata Hidayat saat ditemui Republika.co.id, di gedung DPR/MPR, Selasa (18/12).

Menurut Hidayat penambahan kuota memang perlu terus diusahkan oleh pemerintah RI kepada Pemerintah Arab Saudi sesuai kesepakatan di KTT OKI pada tahun 1987 tentang tata cara penentuan kuota haji. Kala itu diputuskan kuota haji 1:1.000 dari setiap penduduk Muslim satu negara, berhak mendapatkan kursi jamaah haji.

“Dulu penduduk Indonesia baru 200 ribu sekarang 260 juta. Katakan nonmuslim ada sekitar 30 juta misalnya berarti keluarga (Muslim) Indonesia ada 230 ribu berarti mestinya kuota Indonesia itu 230 ribu sekarang baru 221 ribu jadi masih perlu diupayakan sekalipun problem di Arab Saudinya kalau ditambah lagi berarti mereka harus memperluas, problemnya kan itu karena ada persyaratan mengenai mabit di Mina,” ujarnya.

Oleh karena kata Hidayat Mabit di Mina itu tempatnya tidak ada perubahan masalah perluasannya sementara jamah haji setiap tahun terus bertambah. Jadi kata Hidayat perlu ijtihad mengenai masalah kapasitas di Mina dengan tempat yang luasnya tidak bertambah.

Berita Lainnya

Pertemuan Jokowi-Prabowo di kereta MRT.

Nasional 13 Juli 2019 - 11:40 WIB

Jokowi Ungkap Alasan Bertemu Prabowo di Kereta MRT

Lokasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak disangka-sangka. Keduanya ternyata memilih bertemu di dalam…

Viva.co.id

Presiden Joko Widodo bertemu calon presiden, Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019).

Nasional 13 Juli 2019 - 11:21 WIB

Momen Jokowi-Prabowo Berpelukan, Akhiri Era "Cebong" dan "Kampret"

Presiden Joko Widodo akhirnya kembali bertemu dengan mantan rival dua kalinya dalam ajang pemilihan presiden, Prabowo Subianto di Stadion MRT Lebak Bulus, Sabtu…

Kompas.com

Jokowi bertemu dengan Prabowo. (Andhika/detikcom)

Nasional 13 Juli 2019 - 10:15 WIB

Akhirnya! Jokowi dan Prabowo Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya bertemu hari ini. Mereka bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Prabowo sebelumnya…

detik.com

Bendera Gerindra

Opini 04 Juli 2019 - 15:12 WIB

Gerindra Mau Jadi Oposisi atau “Oplosan”

Gerindra harus menjadi oposisi jika ingin suaranya tetap besar. Artinya , oposisi merupakan pilihan terbaik bagi Gerindra ketimbang menjadi “oplosan”

Salah satu sudut Pesantrean Zamzam Assyifa yang menempati bangunan apartemen, di Margonda Depok.

Religi 04 Juli 2019 - 05:26 WIB

Pesantren Di Apartemen

Sejauh yang saya tahu, ini pesantren pertama di Indonesia yang menempati kompleks apartemen. Menempati 15 lantai dari satu tower apartemen tersebut.

Fatma Bahalwan

Ekbis 25 Juni 2019 - 20:56 WIB

Natural Cooking Class ala Fatma Bahalwan

Dari kegiatan memasak itu, Fatma kini menulis banyak buku best seller di bidang kuliner

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Ekbis 25 Juni 2019 - 00:45 WIB

AirAsia Pindah ke Bandara Kertajati pada 30 Juni, Lion Mulai 1 Juli

Maskapai AirAsia dan Lion Air akan memindahkan penerbangan rute domestiknya dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)…

katadata.co.id

Deddy Corbuzier

Religi 24 Juni 2019 - 00:52 WIB

Usai Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier Diminta Doakan Banyak Orang

Deddy Corbuzier begitu terkejut atas dukungan orang-orang usai dirinya menjadi mualaf. Ia pun mengucapkan terima kasih banyak atas respons positif dari masyarakat.…

detik.com