Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Senin, 27 Mei 2019 - 10:26 WIB

Operasi Pasar Bawang Putih Impor Dimulai Hari Ini

Republika.co.id | Minggu, 05 Mei 2019 - 10:02 WIB

Impor bawang putih
Impor bawang putih
JAKARTA – Guna menstabilkan pasokan dan harga, Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar operasi pasar (OP) bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Ahad (5/5). Sebanyak 116 ton bawang putih milik importir disediakan dalam OP tersebut yang terdiri dari empat kontainer per hari ini.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, pada OP yang digelar, pemerintah menginstruksikan harga bawang putih dapat stabil di kisaran Rp 25 ribu-Rp 30 ribu per kilogram (kg) di pasaran secepatnya. Dia mengajak para importir untuk menjaga komitmen yang telah disepakati untuk tidak bermain-main harga.

“Kami minta seluruh importir dapat bertanggung jawab, kami ingin harga bawang putih yang tadinya Rp 46 ribu per kg, bisa turun jadi Rp 25 ribu per kg,” kata Amran saat ditemui di sela OP bawang putih, Ahad (5/5).

Dia menjelaskan, apabila terdapat importir yang melanggar komitmen kerja sama yang ada, pihaknya akan memberikan sanksi terberat berupa label daftar hitam dan penghapusan pemberian RIPH secara permanen. Sejauh ini, kata dia, terdapat 56 perusahaan yang selalu mempermainkan harga dan dipastikan seluruh perusahaan tersebut sudah masuk dalam daftar hitam yang tak akan lagi bekerja sama dengan Kementan.

Amran meminta para importir dapat bertanggung jawab menstabilkan harga serta memantau peredaran harga bawangnya masing-masing hingga ke tingkat konsumen. Sementara itu Kementan, kata dia, akan memonitor pergerakan harga secara harian bersama satuan tugas (satgas) pangan yang dihadirkan dari Bareskrim Polri.

“Kalau nanti ada (harga) lewat dari Rp 30 ribu per kg, kami langsung instruksikan Satgas Pangan untuk menindaklanjuti,” kata Amran.

Dia menambahkan, saat ini bawang putih yang sudah masuk ke Indonesia berkisar 100 ribu ton. Menurut Amran, OP bawang akan terus digelar setiap harinya untuk menstimulus penurunan harga secara merata di seluruh Indonesia. Adapun alokasi bawang putih yang digelontorkan pada OP yang akan terus dijalankan tergantung dari seberapa banyak permintaan pasar.

Sedangkan untuk menjaga lonjakan kebutuhan pada Ramadhan, pihaknya memastikan harga serta pasokan akan stabil seiring dengan masuknya bawang putih impor asal Cina itu secara bertahap. Selain Jakarta, OP bawang putih juga akan dilaksanakan di beberapa wilayah yang dekat dengan pintu masuk pelabuhan antara lain Surabaya, Medan, dan Makassar.

Importir dari PT Maju Makmur Suwito mengatakan, berdasarkan instruksi dari pemerintah, importir siap menyalurkan bawang putih impor ke pasar. Adapun penyaluran tersebut dilakukan dengan menjual bawang putih dalam OP seharga Rp 25 ribu per kg baik di tingkat pedagang besar maupun pedagang pengecer.

Berdasarkan penelusuran Republika, Ahad (5/5), begitu OP bawang putih dibuka, antrian panjang mulai mengular di depan truk-truk kontainer yang membawa bawang putih. Menurut Suwito, tak ada persyaratan khusus bagi para calon pembeli untuk mendapatkan bawang putih impor yang disediakan dalam OP.

“Yang antri, bisa beli. Kita layani saja,” kata Suwito.

Berita Lainnya

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menunjukkan buku berjudul Jokowi People Power saat jeda pemeriksaan untuk salat Jumat, di Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan, Jakarta, 24 Mei 2019. ANTARA

Nasional 25 Mei 2019 - 00:25 WIB

Diperiksa 10 Jam, Amien Rais Jelaskan Maksud People Power

Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais diperiksa selama sekitar 10 jam sebagai saksi dalam kasus dugaan makar dengan tersangka…

Tempo.co

Perawatan lapangan pesawat terbang yang dikelola oleh Asia Aero Technology

Ekbis 24 Mei 2019 - 06:55 WIB

Dari Tukang Rumput Jadi Pengelola Bandara

Banyak yang punya helikopter dan pesawat terbang pribadi. Tapi hanya satu yang punya bandaranya.

Pendiri Yayasan Pesantren Adz-Dzikra, KH Muhammad Arifin Ilham. (Screenshot via instagram @alvin_411)

Nasional 23 Mei 2019 - 00:17 WIB

Arifin Ilham Meninggal Dunia di Malaysia

Pendiri Yayasan Pesantren Az-Zikra KH Muhammad Arifin Ilham alias Ustaz Arifin Ilham meninggal karena penyakit kanker getah bening yang diidapnya. Dia tutup usia…

cnnindonesia.com

 Taksi listrik yang beroperasi di Jakarta

Opini 22 Mei 2019 - 08:50 WIB

SKOR 1 – 0

Kali ini saya menang 1 – 0. Melawan Pak Dahlan Iskan. Dalam soal cepet-cepetan punya pengalaman naik taksi listrik di Jakarta.

Prabowo Gugat Hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi Calon presiden Prabowo Subianto berencana mengajukan gugatan sengketa pemilu ke Mahkamah Konstitusi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Nasional 21 Mei 2019 - 12:59 WIB

Prabowo Gugat Hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi

Home Nasional Internasional Ekonomi Olahraga Teknologi Hiburan Gaya Hidup Infografis Foto Video Fokus Kolom Terpopuler Indeks BREAKING NEWS: Pidato Jokowi Usai…

cnnindonesia.com

Jokowi-Ma'ruf Amin (Rengga Sancaya/detikcom)

Nasional 21 Mei 2019 - 03:51 WIB

KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Pemenang Pilpres 2019

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin ditetapkan menjadi pemenang…

detik.com

Empat muazin mengumandangkan azan di Masjid Kesultanan Ternate

Religi 18 Mei 2019 - 09:11 WIB

Uniknya Masjid Kesultanan Ternate, 4 Muazin Kumandangkan Azan

Masjid Kesultanan Ternate atau Sigi Lamo merupakan warisan harta kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Selain menjadi saksi bisu sejarah perkembangan…

Viva.co.id

Petugas KPPS meninggal dunia.

Nasional 17 Mei 2019 - 20:57 WIB

Komnas HAM Mulai Investigasi Kematian Petugas KPPS

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM melakukan investigasi terkait dengan penyelenggaraan Pemilihan Umum di wilayah Provinsi Banten, khususnya di Tangerang.…

Viva.co.id