Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Minggu, 18 Agustus 2019 - 20:18 WIB

Operasi Pasar Bawang Putih Impor Dimulai Hari Ini

Republika.co.id | Minggu, 05 Mei 2019 - 10:02 WIB

Impor bawang putih
Impor bawang putih
JAKARTA – Guna menstabilkan pasokan dan harga, Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar operasi pasar (OP) bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Ahad (5/5). Sebanyak 116 ton bawang putih milik importir disediakan dalam OP tersebut yang terdiri dari empat kontainer per hari ini.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, pada OP yang digelar, pemerintah menginstruksikan harga bawang putih dapat stabil di kisaran Rp 25 ribu-Rp 30 ribu per kilogram (kg) di pasaran secepatnya. Dia mengajak para importir untuk menjaga komitmen yang telah disepakati untuk tidak bermain-main harga.

“Kami minta seluruh importir dapat bertanggung jawab, kami ingin harga bawang putih yang tadinya Rp 46 ribu per kg, bisa turun jadi Rp 25 ribu per kg,” kata Amran saat ditemui di sela OP bawang putih, Ahad (5/5).

Dia menjelaskan, apabila terdapat importir yang melanggar komitmen kerja sama yang ada, pihaknya akan memberikan sanksi terberat berupa label daftar hitam dan penghapusan pemberian RIPH secara permanen. Sejauh ini, kata dia, terdapat 56 perusahaan yang selalu mempermainkan harga dan dipastikan seluruh perusahaan tersebut sudah masuk dalam daftar hitam yang tak akan lagi bekerja sama dengan Kementan.

Amran meminta para importir dapat bertanggung jawab menstabilkan harga serta memantau peredaran harga bawangnya masing-masing hingga ke tingkat konsumen. Sementara itu Kementan, kata dia, akan memonitor pergerakan harga secara harian bersama satuan tugas (satgas) pangan yang dihadirkan dari Bareskrim Polri.

“Kalau nanti ada (harga) lewat dari Rp 30 ribu per kg, kami langsung instruksikan Satgas Pangan untuk menindaklanjuti,” kata Amran.

Dia menambahkan, saat ini bawang putih yang sudah masuk ke Indonesia berkisar 100 ribu ton. Menurut Amran, OP bawang akan terus digelar setiap harinya untuk menstimulus penurunan harga secara merata di seluruh Indonesia. Adapun alokasi bawang putih yang digelontorkan pada OP yang akan terus dijalankan tergantung dari seberapa banyak permintaan pasar.

Sedangkan untuk menjaga lonjakan kebutuhan pada Ramadhan, pihaknya memastikan harga serta pasokan akan stabil seiring dengan masuknya bawang putih impor asal Cina itu secara bertahap. Selain Jakarta, OP bawang putih juga akan dilaksanakan di beberapa wilayah yang dekat dengan pintu masuk pelabuhan antara lain Surabaya, Medan, dan Makassar.

Importir dari PT Maju Makmur Suwito mengatakan, berdasarkan instruksi dari pemerintah, importir siap menyalurkan bawang putih impor ke pasar. Adapun penyaluran tersebut dilakukan dengan menjual bawang putih dalam OP seharga Rp 25 ribu per kg baik di tingkat pedagang besar maupun pedagang pengecer.

Berdasarkan penelusuran Republika, Ahad (5/5), begitu OP bawang putih dibuka, antrian panjang mulai mengular di depan truk-truk kontainer yang membawa bawang putih. Menurut Suwito, tak ada persyaratan khusus bagi para calon pembeli untuk mendapatkan bawang putih impor yang disediakan dalam OP.

“Yang antri, bisa beli. Kita layani saja,” kata Suwito.

Berita Lainnya

Enggartiasto dan Rini Soemarno

Opini 16 Agustus 2019 - 18:03 WIB

Enggar dan Rini Anggap Sepi Larangan Jokowi

Kesannya, perintah dan larangan Presiden Jokowi yang sudah dipublish itu hanya sebagai pemanis di bibir saja oleh para menterinya, setidak-tidaknya oleh Enggar…

Fahri Hamzah

Politik 14 Agustus 2019 - 16:12 WIB

Soal Enzo, Stop Rasa Takut dan Ancaman!

Kita jangan mau diadu domba. Dan anak-anak bangsa seperti Enzo Zenz Allie dan Clovis adalah masa depan. Stop jualan rasa takut dan ancaman. Buka hati dan pikiran.…

Net tv

Opini 13 Agustus 2019 - 22:22 WIB

NET TV: ANTARA BISNIS NYATA DAN MIMPI

Kabar ini sedang viral: NET TV dikabarkan bangkrut. Karyawannya di-PHK massal. Manajemen NET TV membantah. Tidak ada PHK massal. Ada apa dengan bisnis media TV?

Prabowo bertemu Megawati (Foto: Dok. PDIP)

Opini 13 Agustus 2019 - 02:09 WIB

Jurus ‘Pendekar Mabuk’ Prabowo dan Isu ‘Penumpang Gelap’

Nampaknya, perilaku elit Partai Gerindra semakin membingungkan kawan dan lawan. Setelah Prabowo ujug-ujug melakukan jurus ‘pendekar mabuk’ dengan “pertemuan…

Kakak beradik pendiri brand Kalibre: Direktur Research & Development Sunflower Lukman, Direktur Production & Marketing Sunflower Sandy Sadeli dan Direktur Finance Sunflower Roby. (dok. pribadi)

Ekbis 05 Agustus 2019 - 16:31 WIB

Kalibre Bintang Baru di Bisnis Tas

Kalibre merupakan salah satu merek tas pendatang baru yang namanya kian populer. Bahkan brand yang didirikan pada tahun 2014 oleh Sandy Sadeli bersama dua kakaknya…

swa.co.id

Presiden Joko Widodo atau Jokowi, mendatangi kantor pusat PT PLN (Persero), Jakarta, Senin 5 Agustus 2019. Kedatangan Jokowi ini untuk meminta penjelasan PLN mengenai padamnya listrik di sebagian besar wilayah Pulau Jawa. TEMPO/Subekti

Nasional 05 Agustus 2019 - 11:23 WIB

Tegur Para Petinggi PLN, Jokowi: Bapak Ibu Kan Pinter-pinter

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegur para pimpinan Perusahaan Listrik Negara (PLN) terkait dengan pemadaman listrik cukup lama pada Ahad, 4 Agustus…

Tempo.co

Mahasiswa UGM Mada Yanditya Affan Almada menunjukkan bahan bakar dari limbah plastik yang diproduksi dari alat furnace atau pemanas ciptaannya di Halaman Gedung Pusat UGM, Rabu, 31 Juli 2019. (ugm.ac.id)

Teknologi 01 Agustus 2019 - 16:37 WIB

Mahasiswa UGM Ini Ubah 380 Gram Sampah Plastik Jadi 400 Cc Minyak

Yogyakarta - Sampah plastik gelas air mineral (plastik PP) di tangan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, bisa disulap jadi bahan dasar bahan bakar minyak…

Tempo.co

Buku "Kemilau Bisnis Gadai" sebuah buku yang mengulas praktik rentenir

Ekbis 26 Juli 2019 - 19:08 WIB

Terobosan Rentenir Online

Seorang wanita muda ‘digilir’ pria hidung belang demi melunasi utangnya di rentenir online