Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Kamis, 20 Februari 2020 - 03:55 WIB

Suap Jual Beli Jabatan, Menag Lukman Disebut Terima Rp70 Juta

Cnnindonesia.com | Rabu, 29 Mei 2019 - 13:57 WIB

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Jakarta -- Jaksa Penuntut Umum mendakwa Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanudin menyuap anggota DPR yang juga Ketua Umum PPP Muchammad Romahurmuziy berupa uang sebesar Rp325 juta. Suap itu diduga sebagai imbal jasa atas pengangkatan Haris sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

Dalam dakwaan, jaksa juga menyebut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebagai pihak yang turut menerima uang terkait jual beli jabatan ini.

"Terdakwa memberi uang karena Muchammad Romahurmuziy alias Romi dan Lukman Hakim Saifuddin melakukan intervensi baik langsung maupun tidak terhadap proses pengangkatan terdakwa sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur," ujar jaksa Wawan Yunarwanto saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (29/5).

Dalam dakwaan disebutkan bahwa Lukman turut menerima uang sebesar Rp70 juta yang diberikan secara bertahap masing-masing Rp50 juta dan Rp20 juta.

Jaksa mengatakan, kasus ini bermula ketika Kemenag mengumumkan seleksi jabatan untuk posisi Kakanwil Kemenag Jatim. Haris yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Jatim mendaftar sebagai calon kakanwil dengan melampirkan surat persetujuan atasan langsung yang ditandatangani Ahmadi, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag.

Haris diketahui pernah dijatuhi sanksi disiplin PNS, sementara salah satu syarat untuk mendaftar sebagai kakanwil tidak pernah dijatuhi sanksi. Untuk melancarkan proses pendaftarannya, Haris pun berniat meminta bantuan langsung ke Lukman.

"Namun karena terdakwa sulit menemui maka disarankan bertemu Romi sebagai Ketua Umum PPP mengingat Menteri Agama Lukman Hakim adalah kader PPP yang punya kedekatan khusus dengan Romi," katanya.

Pada 17 Desember 2018, Haris pun menemui Romi dan menyampaikan keinginannya untuk menjadi Kakanwil Kemenag Jatim. Ia juga meminta Romi menyampaikan keinginannya itu pada Lukman. Hanya saja berdasarkan nota dinas yang diterbitkan Kemenag, Haris dinyatakan tak lolos seleksi tahap administrasi.

Namun karena Haris telah menemui Romi, proses pendaftarannya pun dilancarkan. Jaksa menyebut, Haris akhirnya masuk dalam peserta yang lolos seleksi atas arahan Lukman.

"Kemudian pada 6 Januari 2019 terdakwa menemui Romi dan memberikan uang Rp5 juta sebagai kompensasi karena terdakwa lolos seleksi administrasi," ucap jaksa.

Informasi mengenai lolosnya Haris dalam proses seleksi tersebut sempat terendus Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengingat Haris pernah dikenai sanksi disiplin. Namun atas saran Romi, Lukman tetap diminta mengangkat Haris. Permintaan itu disampaikan Romi usai Haris kembali memberi uang sebesar Rp250 juta di kediaman Romi di Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Romi kemudian menyampaikan kepada terdakwa bahwa Lukman sudah memutuskan untuk mengangkat terdakwa dan akan mengambil segala risiko yang ada," tutur jaksa.

Berita Lainnya

Lifter Timnas Indonesia Rahmat Erwin Abdullah berlatih di kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina, Rabu, 27 November 2019.

Olahraga 17 Februari 2020 - 11:58 WIB

Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia: Rizky Pecahkan Dua Rekor Dunia

Jakarta - Lifter putra Indonesia Rizky Juniansyah membuat kejutan dengan memecahkan dua rekor dunia remaja saat berlaga di Kejuaraan Angkat Besi Asia Remaja dan…

Tempo.co

Lifter Indonesia Muhammad Faathir saat merebut emas sekaligus memecahkan rekor dunia remaja dalam Kejuaraan Angkat Besi Remaja dan Junior Asia 2020 di Tashkent, Uzbekistan, Sabtu 15 Februasi. (dok. PABBSI)

Olahraga 17 Februari 2020 - 11:52 WIB

Indonesia Panen 16 Emas di Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia 2020

Jakarta - Lifter Indonesia panen medali dengan memborong 16 emas pada ajang Kejuaraan Angkat Besi Asia Remaja dan Junior 2020 di Tashkent, Uzbekistan, 13-19 Februari.…

Tempo.co

Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/11/2019)

Ekbis 17 Februari 2020 - 11:46 WIB

Neraca Perdagangan Indonesia Defisit USD 860 Juta di Januari 2020

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan selama Januari 2020 defisit senilai USD 860 juta. Angka tersebut mengecil dibandingkan Januari 2019 yang…

kumparan.com

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) bersama Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono (kiri) mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020)

Nasional 16 Februari 2020 - 18:40 WIB

Jadi Menteri Terpopuler dan Kinerja Terbaik, Prabowo Diingatkan Belum Aman dari Reshuffle

JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai, masuknya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin adalah…

Kompas.com

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)

Nasional 12 Februari 2020 - 06:31 WIB

Pemerintah 'Tutup Pintu' Untuk WNI Eks ISIS

Bogor - Pemerintah telah mengambil keputusan untuk tidak memulangkan warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS. Hal ini diputuskan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi)…

inilah.com

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020).

Politik 11 Februari 2020 - 20:29 WIB

Zulkifli Hasan Terpilih Jadi Ketua Umum PAN Periode 2020-2025

KENDARI - Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional periode 2020-2025 berdasarkan pemilihan dalam Kongres V PAN pada Selasa (11/2/2020).…

Kompas.com

Achmad Luqman bersama penulis Albert Kuhon

Artikel 11 Februari 2020 - 12:08 WIB

Elegi Buat Luqman Yang Budhal Duluan

Hidup Luqman sungguh dibuatnya kocak. Semasa muda, tingkat kejahilannya sangat tinggi dan hampir semua teman dekat pernah dia kerjain. Mulai dari sandal atau sepatu…

Ilustrasi pohon kurma. (AP Photo/Adel Hana)

Teknologi 10 Februari 2020 - 10:37 WIB

Biji Kurma Berusia 2.000 Tahun Berhasil Tumbuh Lagi

Jakarta -- Pusat Penelitian Pengobatan Alami Louis L Borick yang berada di Yerusalem berhasil menanam tujuh pohon kurma dari biji berusia sekitar 2 ribu tahun di…

cnnindonesia.com