Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Rabu, 22 Agustus 2018 - 04:25 WIB

Profesi Bacaleg PSI, Mulai dari Pengusaha Hingga Dosen

Republika.co.id | Minggu, 05 November 2017 - 10:12 WIB

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie (kedua kiri) mendengarkan pemaparan visi dan misi tiga orang pengacara muda Dini Shanti Purwono (tengahi), Surya Tjandra (kedua kanan) dan Rian Ernest Tanudjaja (kanan) saat pendaftaran calo
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie (kedua kiri) mendengarkan pemaparan visi dan misi tiga orang pengacara muda Dini Shanti Purwono (tengahi), Surya Tjandra (kedua kanan) dan Rian Ernest Tanudjaja (kanan) saat pendaftaran calo
Anggota panitia seleksi independen bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Djayadi Hanan, menceritakan proses seleksi yang sedang dia lakukan. Dia menerangkan hal yang menarik baginya yakni banyak orang yang mendaftar menjadi bacaleg meski PSI masih dalam proses verifikasi sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.


Apalagi, dia menerangkan, para pendaftar itu, tidak ada satu pun yang tidak punya pekerjaan bagus. Dia menuturkan orang-orang yang mengikuti seleksi bacaleg PSI berasal dari berbagai profesi seperti pengusaha, dosen, dan aktivis sosial.

“Bahkan ada juga yang dokter. Mereka sibuk, masa depannya cerah, dan sukses di bidangnya," kata dia saat konferensi pers uji kompetensi penilaian panitia seleksi independen, di kantor DPP PSI, di Jakarta, Sabtu (4/11).

Djayadi mengatakan, para bacaleg ini rela terjun ke dunia politik melalui partai yang baru didirikan pada 16 November 2014 itu. “Karena itu saya selalu tanya (kepada bacaleg yang diwawancara) kok Anda mau masuk politik padahal tidak pasti," ujar dia.

Djayadi menerangkan sebagian besar bacaleg yang punya kesuksesan di bidang lain, baik sosial, ekonomi, dan pendidikan, ini mengaku ingin punya sesuatu yang disumbangkan untuk politik. Alasan lainnya, dia menerangkan, ada yang berpendapat politik akan lebih efektif untuk memperjuangkan ide atau programnya, terutama terkait pembangunan perkotaan.

PSI menggelar uji kelayakan untuk 90 bakal calon legislatif pada Sabtu hingga Ahad (5/11) hari ini. Seleksi ini melibatkan panitia independen yang beranggotakan 11 orang dengan latar belakang yang beragam mulai dari aktivis antikorupsi, tokoh lintas agama, ahli psikolog politik, ahli ekonomi, hukum dan lain-lain.

Ketua Umum DPP PSI Grace Natalia mengatakan, sebagai pendatang baru di dunia politik, partainya membutuhkan perspektif yang berbeda-beda. Karena itu, PSI mengundang dan meminta tokoh independen untuk ikut dalam proses seleksi kompetensi.

Mereka yang memegang kendali apakah seorang bakal calon legislatif itu layak lolos seleksi kompetensi atau tidak. Dia mengatakan panitia seleksi independen ini punya kredibilitas, kompetensi, dan rekam jejak yang baik.

"Jadi saya yakin pasti tidak akan sembarangan meloloskan orang (bacaleg)," ujarnya.

Grace menuturkan PSI membutuhkan wakil rakyat dari berbagai latar belakang dan punya kompetensi bidang masing-masing. Ia menerangkan caleg PSI yang terpilih menjadi wakil rakyat DPR nantinya akan bertugas membuat produk hukum atau undang-undang, mengawasi kerja eksekutif, hingga mengawasi anggaran.

PSI berharap wakil rakyat yang terpilih bisa melakukan kerja dengan baik dan menghasilkan produk hukum yang bagus. Dia menambahkan, PSI tidak ingin wakil rakyat yang terpilih mewakili proyek-proyek atau kepentingan kelompoknya sendiri atau dirinya sendiri.

“Karena itu, kami memulai proses ini mencari orang-orang terbaik di bidangnya masing-masing untuk menjadi anggota DPR. Salah satu caranya melalui panitia seleksi independen," kata dia.

Tahapan caleg

Ia menyebutkan ada tiga tahapan memproses caleg. Pertama, bacaleg harus mendaftar pada periode pendaftaran yang telah dilakukan pada 27 agustus sampai 31 oktober 2017.

Kemudian, mereka harus lolos seleksi administrasi. Mereka harus memenuhi ketentuan minimum pendidikan, riwayat pekerjaan, organisasi, dan wajib menyerahkan tulisan essay minimal satu halaman terkait upaya mereka melawan korupsi dan intoleransi.

Ia menyebut dari sekitar 1.000 pendaftar, yang mayoritas tidak memiliki latar belakang partai politik, sebanyak 200 orang mengikuti seleksi administrasi bench pertama. Para bacaleg ini kemudian masuk ke tahap berikutnya yaitu seleksi kompetensi oleh panitia seleksi independen.

Kepada panitia seleksi independen, para peserta wajib mempresentasikan visi, program, dan alasan menjadi wakil rakyat. Proses ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar tiga pekan. Seleksi juga hanya dilakukan saat akhir pekan karena mayoritas peserta berasal dari kalangan profesional.

Setelah bacaleg ini lolos seleksi kompetensi, ia akan mendapatkan tiket caleg dari PSI. PSI akan berupaya melakukan penjaringan hingga terpilih 575 orang caleg yang akan disetorkan namanya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun, Grace mengatakan, angka tersebut bukan patokan yang harus dipenuhi. Bagi PSI, dia menerangkan, yang terpenting adalah mereka lolos seleksi kompetensi.

Sebab, PSI ingin memilih orang terbaik yang punya kompetensi di bidangnya. PSI tidak ingin meloloskan pengangguran yang tidak punya kompetensi.

Berita Lainnya

Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar saat mengikuti Khaul Waliyullah Syekh Abdullah Angga Derpa dan Kyai Harun, Serang, Banten, Jumat, 13 Juli 2018. (dok MPR RI)

Politik 21 Agustus 2018 - 23:32 WIB

Cak Imin Klaim NU Tak Pecah Meski Mahfud Tak Jadi Timses Jokowi

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengklaim suara Nahdlatul Ulama (NU) tak akan pecah kendati Mahfud MD tak bergabung menjadi…

Tempo.co

Dolar Tertekan Pernyataan Trump, Logam Mulia Melambung

Ekbis 21 Agustus 2018 - 16:55 WIB

Dolar Tertekan Pernyataan Trump, Logam Mulia Melambung

Harga emas melesat ke level tertinggi satu pekan, didorong melemahnya dolar, setelah Presiden Donald Trump mengatakan "tidak senang" dengan Federal Reserve yang…

Indopremier.com

Ilustrasi barang bukti narkoba

Hukum 21 Agustus 2018 - 16:55 WIB

Mengerikan, Anggota DPRD asal Nasdem ternyata Bandar Besar Narkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkapkan, anggota DPRD Langkat, Ibrahim Hasan (45) diduga kuat sebagai bandar besar sekaligus pemilik sabu seberat 105 kilogram…

Viva.co.id

Ketua Umum DPP PPP Muhammad Romahurmuziy

Hukum 20 Agustus 2018 - 23:40 WIB

KPK Periksa Rommy Terkait Kasus Suap Dana Perimbangan Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy alias Rommy terkait perkara dugaan suap usulan dana perimbangan…

Viva.co.id

Mahfud Md (Andhika Presetia/detikcom)

Politik 20 Agustus 2018 - 23:25 WIB

Ini Alasan Mahfud Md Tolak Jadi Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf

- Mahfud Md menolak menjadi ketua tim pemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Ia mengungkap alasannya. Apa itu? "Saya tak bisa jadi ketua timses atau tim pemenangan…

detik.com

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat memberikan keterangan terkait pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menyebut pidato Zulkifli pada Sidang Tahunan MPR bermuatan politik dan menyesatkan.

Ekbis 20 Agustus 2018 - 13:56 WIB

Ketua MPR: Yang Menyesatkan Itu Menteri Keuangan

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan menjawab pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menganggap pidatonya pada sidang tahunan MPR RI, 16 Agustus…

Kompas.com

Diduga Menyewa PSK, 4 Atlet Jepang Dipulangkan dari Asian Games

Olahraga 20 Agustus 2018 - 12:44 WIB

Diduga Menyewa PSK, 4 Atlet Jepang Dipulangkan dari Asian Games

Empat atlet bola basket Jepang dipulangkan dari ajang Asian Games 2018 setelah diduga membayar PSK untuk layanan seks. Demikian disampaikan Komite Olimpiade Jepang…

Kompas.com

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (tengah) memberikan sambutan saat pidato kenegaraan di sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2017).

Ekbis 20 Agustus 2018 - 10:51 WIB

Sri Mulyani: Pidato Ketua MPR Zulkifli Hasan Politis dan Menyesatkan

Pidato Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pada sidang tahunan MPR RI di Gedung Parlemen, 16 Agustus 2018 lalu, ditanggapi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Topik pidato Zulkifli…

Kompas.com