Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Jumat, 20 Juli 2018 - 12:00 WIB

RAPBD DKI Menggelembung, Sumarsono Ingatkan Prinsip Efisiensi

Kompas.com | Kamis, 23 November 2017 - 21:12 WIB

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono di Kompleks Parleme, Senayan, Jakarta, Rabu (23/11/2017).
Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono di Kompleks Parleme, Senayan, Jakarta, Rabu (23/11/2017).
Jakarta - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengingatkan prinsip efisiensi perlu diterapkan para pejabat tinggi negara maupun daerah. Hal itu diungkapkannya merespons pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2018 yang tengah mendapatkan sorotan publik.

"Sebenarnya seluruh pejabat negara dan daerah khususnya, kalau efisiensi itu sudah tuntutan dari manajemen. Enggak usah disuruh pun, kalau ada yang efisien ngapain boros," ujar Sumarsono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Ia mencontohkan usulan anggaran rehabilitasi kolam air mancur DPRD DKI Jakarta sebesar Rp 620 juta. Menurut Sumarsono, besaran anggaran tersebut juga merupakan pilihan.

"Mau 620? Kalau cukup 320, 200 kenapa 620? Kan semua kita pembuat keputusan di belakang layar yang ambil," kata pria yang akrab disapa Soni itu.

Soni pun menyinggung rencana merekrut 74 orang Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang anggarannya mencapai Rp 28 miliar.

"Kalau lolos tapi DPRD tidak melakukan pengawasan, ya kurang. Masa staf begini 74. Harusnya kalau DPRD mengklarifikasi ini apa, untuk apa, apa tugasnya," tuturnya.

Ia mengkhawatirkan jika usulan soal TGUPP itu diloloskan justru akan menjadi bumerang bagi Pemda DKI sendiri. Soni mengkhawatirkan tim itu bisa menjadi gubernur "bayangan" dan meminjam nama pimpinannya.

"Dengan 74 siapa yang menjamin mereka tidak meminjam nama dan kewenangan pimpinan untuk atas nama pimpinan padahal pimpinan tidak menyuruh," tuturnya.

Sejumlah anggaran menjadi sorotan. Salah satunya yakni anggaran untuk tim gubernur untuk percepatan pembangunan (TGUPP) sebesar Rp 28 miliar.

Anggaran lain yang disorot yakni dana hibah Rp 1 miliar untuk Komando Resimen Mahasiswa dan Rp 500 untuk organisasi Laskar Merah Putih.

Berita Lainnya

Jaksa Agung HM Prasetyo memberikan keterangan pers di Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Kamis (12/7).

Hukum 20 Juli 2018 - 06:42 WIB

Kejagung Sudah tidak Buru Riza Chalid dalam Kasus Freeport

Kejaksaan Agung menyatakan sudah tidak memburu lagi pengusaha M Riza Chalid terkait rekaman Freeport Indonesia. Alasannya, penyelidikan kasus itu tidak dilanjutkan.…

Republik.co.id

Lalu Muhammad Zohri bersama

Olahraga 18 Juli 2018 - 15:56 WIB

Luar Biasa, Muhammad Zohri Disopiri Presiden Jokowi

Sprinter muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, mendapat kesempatan bertemu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu siang, 18…

ViVa.co.id

Anak-anak secara tekun mengamati cara pembelajaran membaca Al Qur’an dengan metoda mama papa di Majlis Taklim Masjid Al Gopur, Cicayur 1, Pagedangan, BSD City.”

Nasional 17 Juli 2018 - 16:38 WIB

Program BBQ (Berantas Buta Qurán) Dengan Metode Mama Papa Mulai Diterapkan Di Masjid-Masjid BSD City

Program BBQ yang diluncurkan pada 23 Mei 2018 lalu di Masjid As Syarif BSD City, sudah dijalankan di masjid-masjid BSD City dan sekitarnya.

Mantan Menko Perekonomian Dorodjatun Kuntjorojakti menjadi saksi di Pengadilan Tipikor

Hukum 17 Juli 2018 - 08:51 WIB

Saksi : Selamatkan Petambak Dipasena Usulan BPPN

Rapat kabinet terbatas tanggal 11 Februari 2004, membahas usulan penetapan utang petani tambak sebesar Rp 100 juta sehingga total 1,1 Trilyun. Sedangkan sisanya…

Perusahaan Umum (Perum) BULOG menjual beras dalam kemasan sachet atau renceng.

Ekbis 17 Juli 2018 - 00:16 WIB

Perum BULOG Mulai Pasarkan Beras Sachet

Perusahaan Umum (Perum) BULOG melakukan terobosan dengan menjual beras dalam kemasan sachet atau renceng. Direktur Utama BULOG Budi Waseso mengatakan beras ini…

tempo.co

Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan keterangan pers kinerja APBN 2018

Ekbis 16 Juli 2018 - 00:45 WIB

Kuasai Mayoritas Saham Freeport, Penerimaan Pajak Akan Meningkat

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan, penerimaan negara bakal lebih besar setelah proses divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia rampung. Penandatanganan…

Vica.co.id

Harry Kane meraih gelar top skor Piala Dunia 2018. (REUTERS/John Sibley)

Olahraga 16 Juli 2018 - 00:31 WIB

Daftar Top Skor Piala Dunia 2018, Harry Kane Raih Sepatu Emas

Striker timnas Inggris Harry Kane resmi menyabet gelar top skor Piala Dunia 2018 dan berhak meraih Sepatu Emas dengan torehan enam gol. Koleksi gol Kane tak bisa…

Cnnindonesia.com

Pemain Kroasia Luka Modric memeluk pelatih Zlatko Dalic.

Olahraga 16 Juli 2018 - 00:27 WIB

Modric Pemain Terbaik Piala Dunia

MOSKOW -- Luka Modric mendapatkan gelar pemain terbaik di Piala Dunia 2018. Kapten Kroasia itu dianggap sebagai pahlawan The Blazers yang membawa tim Balkan itu…

Republika.co.id