Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Newslink.co.id - Sumber informasi terpercaya

Senin, 24 September 2018 - 01:51 WIB

Cerita Raja Bali Temani Ustaz Abdul Somad Tabliq Akbar

Viva.co.id | Senin, 11 Desember 2017 - 14:34 WIB

Ustaz Abdul Somad bersama Cokorda Pemecutan (kiri) dan Ngurah Agung (kanan).
Ustaz Abdul Somad bersama Cokorda Pemecutan (kiri) dan Ngurah Agung (kanan).
Umat Hindu dan Islam di Bali sudah memiliki hubungan yang kuat sejak lama. Setidaknya hal itu yang disampaikan Ida Cokorda Pemecuran XI di Masjid Baiturrohman, Denpasar. Menurut Raja dari Puri Pemecutan Denpasar itu, sudah sejak lama kedua umat di Bali tak hanya hidup berdampingan, namun juga sudah seperti satu kesatuan.

“Kami dengan orang Muslim bukan sekarang saja (dekat), tapi secara darah kami sudah bersatu,” kata Cokorda, Minggu 10 Desember 2017.

Ida Cokorda Pemecutan XI hadir langsung dalam tabliq akbar yang diisi oleh Ustaz Abdul Somad. Ia merasa begitu sejuk mendengar petuah yang disampaikan oleh Ustaz Somad.

“Kami melihat bahwa Kiai (Ustaz Somad) menyampaikan tidak ada perpecahan, malah guyub kita. Justru malah semakin mempererat persatuan sesuai keinginan para pendahulu kita. NKRI, Merah Putih sudah harga mati. Ini betul-betul disampaikan oleh Kiai (Ustaz Somad),” ujarnya.

Ia mengajak semua pihak untuk menginterospeksi diri. Ia tak ingin isu-isu yang berkembang memudarkan semangat persaudaraan antara Hindu Bali dan umat Muslim yang sudah sejak lama terjalin.

“Kalau ada isu-isu yang tidak bertanggungjawab jangan sampai memecah kita. Persaudaraan kita yang sudah sedarah ini jangan sampai dirusak oleh segelintir orang yang ingin atau memiliki ambisi untuk memecah belah kita,” katanya.

Sementara itu, Ustaz Abdul Somad sendiri tak menampik jika hubungan erat antara umat Hindu Bali dengan warga Muslim sudah lama terjalin. Ia meminta kepada semua pihak untuk tak terpancing oleh ulah segelintir oknum yang tujuannya memang ingin merusak semangat persaudaraan.

“Bahwa ada isu-isu di Youtube, Twitter, WA, BBM dan lainnya jangan sampai ulah segelintir oknum merusak persaudaraan yang sudah kita bangun selama ini. Seandainya masyarakat Hindu Bali tidak toleran, mengusir ulama dan lain sebagainya, tidak mungkin ada 500 ribu lebih Muslim di Bali. Tidak mungkin Islam bisa bertahan selama 8 abad lebih di Bali,” katanya.

Ia menegaskan jika provokator yang sempat melakukan persekusi terhadap dirinya tak hanya merusak dirinya saja, tetapi juga umat Hindu Bali yang selama ini dikenal terbuka bagi semua elemen masyarakat. Ustaz Somad mencontohkan bagaimana umat Hindu dan Muslim Bali bersatu padu meski berbeda keyakinan dan aqidah.

“Di Ubud (Gianyar) ada pondok Alquran yang justru sebagian tempatnya disediakan oleh saudara kita dari Hindu Bali. Ini justru orang di tempat lain meniru bagaimana masyarakat Bali bisa bertenggang rasa, tepo seliro berlapang dada untuk menerima yang berbeda keyakinan. Kalau ada fitnah, isu, seyogyanya tabayyun dulu, tidak serta merta mengambil kesimpulan.

Apalagi sosial media sekarang ini sungguh luar biasa. Alhamdulilah saya merasa terhormat bisa duduk berdampingan dengan Raja, orang yang dihormati dalam struktur masyarakat Bali. kita bisa duduk bersama, bertukar cerita bagaimana mengusir Belanda bersama-sama saat itu,” katanya.

Berita Lainnya

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Olahraga 23 September 2018 - 13:35 WIB

Anthony Ginting Juara China Terbuka 2018 Usai Kalahkan Kento Momota

Anthony Sinisuka Ginting berhasil keluar menjadi juara tunggal putra China Terbuka 2018. Dalam babak final yang berlangsung di Olympic Sports Center Xingcheng Gymnasium,…

Viva.co.id

Ferrari Portofino yang diluncurkan Prestige di Bali.

Otomotif 23 September 2018 - 10:35 WIB

Ferrari Model Termurah Goda Orang Kaya Indonesia

Prestige Image Motorcars resmi meluncurkan Ferrari Portofino, Sabtu (22/9/2018) malam. Bertempat di Finns Beach Club, Canggu, Bali, model Ferrari termurah itu dibanderol…

Kompas.com

Tips agar video YouTube mudah ditemukan oleh mesin pencari

Teknologi 22 September 2018 - 06:36 WIB

Tips agar video YouTube mudah ditemukan oleh mesin pencari

Perwakilan YouTube Geri Azriel Siddik membagikan empat tips efektif berikut ini tentang bagaimana konten video Anda pada sosial media tersebut bisa lebih mudah…

Antaranews.com

Asia Sentinel's twitter post on the news mentioning Susilo Bambang Yudhoyono administration's involvement in Bank Century scandal.

Politik 22 September 2018 - 06:06 WIB

Demokrat Investigasi Asia Sentinel Hingga ke Hong Kong

Kepala Divisi Advokasi Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean membenarkan terkait dibentuknya tim investigasi oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).…

republika.co.id

Bakal calon presiden sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengikuti upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2018 di Kampus Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta Pusat, Jumat (17/8/2018).

Politik 21 September 2018 - 00:36 WIB

Tommy dan Titiek Soeharto Masuk dalam Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga

Calon wakil presiden Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya…

Kompas.com

Bupati Purbalingga, Tasdi terkena Operasi Tangkap Tangan KPK

Hukum 20 September 2018 - 00:31 WIB

Uang Suap Bupati Purbalingga Diduga untuk Dana Kampanye Pilgub Jateng Oleh Dusep Malik,

Bupati Pubalingga, Tasdi mengungkapkan bahwa uang suap yang dia terima digunakan untuk kepentingan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada Pilgub Jawa Tengah.…

Viva.co.id

Bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan).

Politik 19 September 2018 - 18:39 WIB

Kubu Prabowo Pakai Tagar Baru #2019PrabowoSandi

Kubu pendukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno kembali mendeklarasikan tanda pagar atau tagar dukungan kepada pasangan itu. Kali…

Viva.co.id

Gubernur NTB periode 2018-2023, Zulkieflimansyah, saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 19 September 2018. TEMPO/Subekti.

Politik 19 September 2018 - 15:14 WIB

Gubernur NTB Zulkieflimansyah Ogah Jadi Timses Jokowi

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menyatakan tidak mau menjadi anggota tim sukses kubu mana pun dalam pemilihan presiden 2019. Prioritas utama saat…

Tempo.co